Kepala UPT PU Bumiayu Bersama BPBD Brebes Tinjau Lokasi Longsor 

Kepala UPT PU Bumiayu Bersama BPBD Brebes Tinjau Lokasi Longsor 

indopers.net, Brebes (Jateng) – Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Brebes Selatan tepatnya di Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes  mengakibatkan terjadinya longsor pada jumat sore 9/9/2022.

Longsoran tersebut mengakibatkan jalan penghubung di dua desa yaitu Desa  Manggis dan Desa Mlayang lumpuh total, dikarenakan jalan tertutup material longsoran. 

Pasca terjadinya longsor Kepala Desa Mlayang Havid ketika di jumpai awak media mengatakan, dirinya segera melakukan kordinasi dengan Kepala  UPTD PU Bumiayu mengingat jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten.

Sementara Kades Manggis Masruri begitu mendapatkan laporan adanya longsoran tersebut mengatakan,

“Wilayah tersebut masuk wilayah Manggis, yang memang menjadi penghubung antara Desa Manggis dan Desa Mlayang,dirinya langsung berkordinasi dengan dinas terkait untuk segera melakukan penanganan.

Berdasarkan informasi dari Kepala Desa Jumat malam, Kepala UPTD PU Bumiayu Andi Azis beserta tim dan BPBD Kabupaten Brebes Budi Sujatmiko langsung meninjau lokasi longsor.

Karena longsornya cukup parah,maka kami akan datangkan alat berat,” ujar Budi sujatmiko.

Keesokan harinya kami mulai menyingkirkan material longsor yang berupa tanah lumpur dan bebatuan besar.proses pengerjaan ini melibatkan masyarakat dan Rescue serta anggota LSM YBI wilayah Brebes selatan.

Kondisi tanah dan hujan yang terus mengguyur daerah tersebut, cukup menyulitkan proses evakuasi.

Terutama pembuangan material longsor,untuk mempercepat penanganan tersebut,salah satu sawah milik warga setempat menjadi lokasi pembuangan material sementara, setelah melalui proses negosiasi antara pemilik dan pihak Pemerintahan Desa.

Perwakilan LSM Buser Indonesia Yasir Andi yang ikut terlibat dalam proses evakuasi longsoran tersebut kepada awak media ini mengatakan, sangat menyayangkan Pemerintahan Kecamatan (Camat) Sirampog yang kurang respon dengan adanya bencana tersebut.

Seharusnya Camat turun langsung ke lokasi terjadinya longsor,bukan malah lebih mementingkan ikut trabas,”kata Andi. 

(Hrt/Jr).

 483 total views,  3 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!