Menuju Desa Digital 2024 : Mahasiswa KKNT Universitas Islam Madura Berikan Sosialisasi dan Workshop Pada Aparat Desa Untuk Digitalisasi Aset Desa berbasis SIG

Menuju Desa Digital 2024 : Mahasiswa KKNT Universitas Islam Madura Berikan Sosialisasi dan Workshop Pada Aparat Desa Untuk Digitalisasi Aset Desa berbasis SIG

indopers.net, Pamekasan (Madura) – Sebagai upaya dalam mendukung mengiventarisir dan mengidentifikasi aset desa, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Islam Madura (UIM) Prodi Sistem Informasi Posko 9 mengadakan Sosialisasi, Forum Group Discussion (FGD) dan Workshop di Balai Desa Durbuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.

Tema yang diusung pada acara tersebut, yaitu “Digitalisasi Aset Desa Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG)”. 
Sosialisasi, FGD dan Workshop dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022,

Sebagai narasumber Bapak Aang Kisnu Darmawan, ST, MM yang merupakan Dosen Pembimbing Lapangan, serta rekan tim KKNT yaitu Ivana Yudhisari dan Abdurrahman. Pada materi pertama Bapak Aang Kisnu Darmawan menyampaikan tentang Upaya Digitalisasi Desa Nusantara dan Penerapannya di Desa Durbuk.

Ivana sebagai pemateri kedua menyampaikan bagaimana cara mengelola konten pada website. Sedangkan pemateri terakhir mempresentasikan hasil digitasi peta aset desa.

Ketua BPD Bapak Muhammad Ali Santoso menyampaikan sambutan pada acara tersebut mewakili Kepala Desa Durbuk. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa dengan diadakannya sosialisasi, FGD dan workshop ini akan memberikan ilmu dan bisa diterapkan di Desa Durbuk demi kemajuan desanya. Terutama dalam mendigitaliasi aset desa untuk memudahkan dan mengamankan data-datanya apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Acara sosialisasi juga dihadiri oleh Kepala Desa Durbuk Bapak Muhammad Baidawi, anggota BPD dan perangkat desa. Anggota BPD dan perangkat desa.

Kegiatan tersebut di sambut sangat antusias saat dibuka forum diskusi, terutama tentang pengelolaan website. Dalam diskusi tersebut, Kepala Desa menyampaikan bahwa di Desa Durbuk sudah ada website ataupun portal Desa Durbuk yang menjadi subdomain website Kecamatan Pademawu.

Akan tetapi dikarenakan operator atau pengelola web meninggal dunia, hingga sekarang tidak update dan tidak dikelola dengan baik. Dengan adanya acara KKNT ini, pihak desa berharap para mahasiswa bisa membantu dalam hal memberikan pendampingan kepada perangkat desa untuk mengelola website, terutama dalam digitalisasi aset.

Harapan selanjutnya, pihak desa juga menginginkan nantinya ada bantuan ataupun adanya kemitraan dari Universitas Islam Madura dalam mempromosikan keunggulan Desa Durbuk secara digital.

(Mhls/Man)

 292 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!