KEWASPADAAN AKAN BENCANA HIDROMETEOROLOGI TERKAIT PERKEMBANGAN DINAMIKA ATMOSFER WILAYAH JAWA TIMUR

KEWASPADAAN AKAN BENCANA HIDROMETEOROLOGI TERKAIT PERKEMBANGAN DINAMIKA ATMOSFER WILAYAH JAWA TIMUR

UPDATE TANGGAL 11 AGUSTUS 2022 Nomor : ME.02 04/0/K SUB/VIIV2022

indopers.net, Sidoarjo (Jatim) – Saat ini wilayah Jawa Timur berada pada musim kemarau, akan tetapi diprakirakan wilayah Jawa Timur secara umum masih berpotensi hujan dengan intensitas bervariasi! dari ringan, sedang, bahkan tinggs lebat dan disertai petir. Hai tersebut dikarenakan aktiinya gangguan atmoster Ketvin dan Rossby, serta adanya daerah konvergensi di wilayah Jawa Timur. Selain Itu, suhu muka taut di perairan Jawa Timur yang masih cukup hangat dengan anomali suhu muka laut antara 40.5 s/d « 2.00C serta masih adanya fenomena La Nina lemah.

Berdasarkan adanya gangguan atmosier yang cukup signifikan tersebut, menyebabkan kondisi atmosier menjadi Isnbii sehingga berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimmbus yang akan semakin intens dan dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat. Potensi huan di wilayah Jawa Timur dipralurakan terjadi pada tanggai 11 – 15 Agustus 2022, pada wilayah Tuban, Lamongan. Bojonegoro, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kab. Madiun, Nganjuk. Kab. Moyokerto, Kab. dan Kota Blitar, Batu, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sumenep, Pacitan, Trenggalek dan Tulungagung.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhat-hat terhadap dampak bencana Indrometeorologi seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang. genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Juga dihimbau untuk selalu mengupdate informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam-an yang selalu kami share ma medsos dan website (hitp:/www.juanda jatim bmkg go.id), media sosial (@infobmkguanda), dan telepon (031) 8668989.

(Red)

 114 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!