Gubernur Jatim Khofifah Buka Pameran K-UKM Expo di Hari Koperasi ke 75

Gubernur Jatim Khofifah Buka Pameran K-UKM Expo di Hari Koperasi ke 75

indopers.net, Surabaya – Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) membuka gelaran “9th K-UKM Expo” di Grand City Convex Surabaya, Rabu (27/7/2022). Mengusung tema “Transformasi Peran Koperasi dan UKM Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat”, ajang ini sekaligus menjadi puncak peringatan Hari Koperasi ke-75 di Jatim.

“Hari Koperasi merupakan akumulasi dari sinergi seluruh gerakan koperasi,” ujar Khofifah saat membuka pidatonya, Rabu malam.

Khofifah dalam kesempatan tersebut juga berharap koperasi di Jatim mampu mengikuti ekosistem digital.

“Saya ingin koperasi di Jatim menjadi kekuatan yang luar biasa. Berbagai aplikasi yang dibangun untuk meluaskan jaringan di era digitalisasi ekonomi. Bagaimana pelaku koperasi menjadi pelaku usaha baik UKM atau IKM di era digital, meliputi pola membayar cashless dan transformasi sistem yang lebih advance (maju),” tuturnya.

Dalam mendorong kapasitas koperasi dan pelaku usaha dalam melakukan transformasi digital. Pmprov Jatim menggandeng beberapa marketplace, mulai dari PT Global Digital Niaga (Blibli), Tokopedia serta PT Karya Anak Bangsa (Go-Jek).

Hal ini dimaksudkan untuk untuk mendorong promosi pengembangan digital produk-produk UMKM Jatim. Kolaborasi tersebut menjadi bagian penting sinergitas menguatkan koperasi dan UMKM, dalam memberdayakan ekonomi di Jatim.

“Koperasi yang sukses harus bisa meningkatkan kualitas dan bisa bersinergi. Proses bisnis digitalisasi semakin kuat pastikan tidak hanya menjadi konsumen tapi juga produsen baik UKM maupun IKM, semoga koperasi menjadi bagian pemberdayaan ekonomi di Jatim,” katanya.

Sementara perhelatan “9th K-UKM Expo” diikuti oleh 135 stan UMKM. Beragam produk, mulai dari tenun, batik, kerajinan kayu dan furnitur semua tersedia.

“Produk unggulan di Jatim sementara ini memang ada pada Kriya dan produk pangan,” ujar Andromeda Qomariyah Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Provinsi Jatim

Andromeda memproyeksikan, sedikitnya 20 miliar perputaran uang terjadi dalam gelaran ini.

Selain pameran, K-UKM Expo tahun ini menghadirkan beberapa talkshow dan workhshop bermutu untuk menunjang para pelaku UMKM di Jatim. Tak hanya itu, UKM Corner juga hadir bagi pelaku UMKM yang ingin mendapat informasi terkait perijinan, pengurusan NIB dan izin usaha lain.

(fwaid)

 143 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!