Musibah Kebakaran Menimpa Bangunan Rumah Adat Suku Dayak (rumah betang) Yang Berada di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak Kecamatan Menukung.

Musibah Kebakaran Menimpa Bangunan Rumah Adat Suku Dayak (rumah betang) Yang Berada di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak Kecamatan Menukung.

indopers.net, Melawi (Kalbar) – Sebanyak 17 pintu dengan 27 KK kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran yang terjadi pada hari minggu tanggal 3 april 2022 sekira pukul 17.20 wib.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto,S.I.K., melalui Kapolsek Menukung Iptu.Tri Jumadi mengatakan sekira pukul 17.30 wib personil Polsek Menukung menerima laporan dari masyarakat tentang terjadinya kebakaran ,Segera setelah menerima laporan personil Polsek Menukung langsung berangkat menuju Dusun Laman Oras dan mendapati rumah betang sudah dalam keadaan terbakar”ujarnya.

Atas kebakaran yang terjadi Personil Polsek Menukung melakukan langkah kepolisian dengan mengamankan TKP guna melakukan proses penyelidikan.

Saat di hubungi Via Hand Phone,Kades Batuk Badak Damianus Enus membenarkan rumah betang di Dusun Laman Oras Desa Batu Badak  mengalami kebakaran,selain telah membakar rumah betang api juga menghanguskan 2 rumah warga yang tidak jauh dari rumah betang,5 lumbung padi yang banyak berisi padi,7 sepeda motor serta mesin dongfeng pengiling padi,”jelas Enus Via Hand Phone.

Damianus Enus juga menambahkan sebanyak 27 KK kehilangan tempat tinggal dan saat ini telah mengungsi sementara di rumah warga dan sanak keluarga.

Ia menambahkan atas korban kebakaran pihak Desa Batu Badak telah memberikan bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras,telur,indomie, sarden kaleng,terangnya.

Akibat kebakaran yang terjadi,korban luka bakar sebanyak 2 orang yaitu sdr.SITO,41 tahun dan sdr.HERO,21 tahun segera dievakuasi guna mendapatkan pertolongan medis di puskesmas menukung sedangkan 1 korban lainnya di rujuk ke RSUD Melawi, sementara kerugian materi belum dapat di taksir.

Iptu.Tri Jumadi menjelaskan menurut keterangan saksi ,penyebab kebakaran diakibatkan dari api tungku dapur menggunakan kayu bakar namun penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Menukung,tuntas Kapolsek.

HMS. Polres Melawi.

(J. Saragi.)

 341 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *