Tingkatkan Kualifikasi, Personel Unit Elit Satkopaska Koarmada II Latihan Operasi Perang Laut Khusus

Tingkatkan Kualifikasi, Personel Unit Elit Satkopaska Koarmada II Latihan Operasi Perang Laut Khusus

indopers.net, Surabaya – Pasukan khusus TNI AL, personel Komando Pasukan Katak (Kopaska) wajib menjaga profesionalisme termasuk kemampuan kualifikasi personel. Untuk itu, personel unit elit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II juga wajib laksanakan pembinaan rutin setiap minggunya dalam Latmi (Latihan Mingguan) yang digelar di Markas Satkopaska Koarmada II, Kamis (3/2/2022).

Dalam Latmi yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan tersebut, para peserta mengikuti sesi Latihan Peperangan Laut Khusus. Di mana personel Kopaska mempunyai Spesialisasi Peperangan Laut Khusus, yakni operasi khusus yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam rangka Operasi Militer Perang yang berupa peperangan non konvensional.

Di minggu pertama, peserta latihan khususnya prajurit Detasemen melaksanakan latihan Infiltrasi dari bawah permukaan. Latihan infiltrasi bertujuan mematahkan pusat konsentrasi kekuatan lawan, dan menyabotase kekuatan musuh. Infiltrasi dilakukan dengan beberapa kemampuan yang dimiliki personel Kopaska, satu di antaranya operasi dengan menggunakan metode SRDX (semi rapid deployment extreme) dan Ship Boarding.

Sementara itu ditegaskan Kolonel Laut (P) Agus Yudho K., M. Tr. Hanla., M.M., Komandan Sar Kopaska Koarmada II, menekankan kepada seluruh prajurit Kopaska agar mempertajam kemampuan naluri tempur khususnya di air. “Baik di atas permukaan maupun di bawah permukaan air, kalian harus selalu siap untuk bertempur,” tegas Agus Yudho.

Hal tersebut menurut Agus Yudho penting untuk menjaga kemampuan kualifikasi dan naluri tempur setiap personel Satkopaska, sebagai pasukan khusus TNI AL serta mewujudkan arahan pimpinan. “Hal ini juga menindaklanjuti arahan Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto sekaligus sebagai implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul dan profesional,” tegas Agus Yudho.

Pada kesempatan itu Agus Yudho juga mengingatkan agar dalam setiap latihan, seluruh prajurit memperhatikan prosedur keamanan demi mencegah kerugian personel dan material.

(gru)

 187 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *