PLN UPK Bukit Asam Kabupaten Muara Enim Gelar Edukasi K3 di Pondok Pesantren

PLN UPK Bukit Asam Kabupaten Muara Enim Gelar Edukasi K3 di Pondok Pesantren

indopers.net, MUARA ENIM (SUMSEL) – Dalam rangkaian memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022, PT PLN (Persero) Unit Pembangkitan (UPK) Bukit Asam menggelar Edukasi K3 Eksternal bertema “Upaya Pencegahan Kecelakaan Masyarakat Umum”, Rabu (26/1/2022).

Kegiatan berlangsung di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Daar El Najah, di RT XI, Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Hadir langsung dalam kesempatan ini manajemen PT PLN UPK Bukit Asam diwakili Manager Bagian Keuangan dan Umum Dudy Setiady, S.E, Pejabat Pelaksana K3 Keamanan Novan Susanto, mewakili Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, Aprizal serta sejumlah staf lainnya.

Pejabat Pelaksana K3 Keamanan PT PLN UPK Bukit Asam, Novan Susanto saat memberikan materi edukasi mengatakan, penerapan K3 bukan hanya wajib dilakukan perusahaan saja, akan tetapi turut pula harus dilakukan di sekolah maupun pesantren.

“Bahaya listrik misalnya, ada beberapa contoh pengendalian bahaya listrik di lingkungan sekolah termasuk pesantren. Antara lain jangan membebani soket listrik secara berlebihan, jangan menggunakan atau bersentuhan dengan kabel jika tangan dalam keadaan basah, jangan menarik steker dari stopkontak dengan menarik kabelnya, dan jauhkan benda cair atau sesuatu yang panas dari stopkontak,” jelas Novan.

Selanjutnya, ada beberapa upaya penerapan K3 di lingkungan sekolah dan pondok pesantren, seperti memberikan edukasi K3 secara rutin, serta membuat tim tanggap darurat dan sarana evakuasi darurat.

“Kemudian menyediakan sarana P3K dan ruang P3K, membuat prosedur untuk setiap kegiatan yang berisiko bahaya, serta menyediakan ruangan dan sanitasi yang bersih dan sehat,” tukas Novan.

Usai memberikan edukasi, YBM PLN UPK Bukit Asam turut pula menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada panti asuhan. Penyerahan bantuan disampaikan oleh Aprizal selaku staf SDM dan Umum PLN UPK Bukit Asam.

“Bantuan ini berasal dari Zakat Infaq Shodaqoh para pegawai yang ditampung oleh YBM. Semoga bisa bermanfaat bagi anak-anak panti dan pondok pesantren. Kami juga berharap ini bernilai pahala di sisi Allah SWT,” ungkap Aprizal.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Daar El Najah, Ustaz Sudarto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT PLN UPK Bukit Asam dan YBM yang telah memberikan edukasi K3 dan santunan kepada pondok pesantren yang ia pimpin. “Kami berdoa, semoga semua yang telah dilakukan PT PLN UPK Bukit Asam ini dibalas pahala oleh Allah SWT,” ucap Ustaz Sudarto.

(Tnd)

 906 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!