Hujan Es Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Beberapa Pohon Dijalan Suramadu

Hujan Es Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Beberapa Pohon Dijalan Suramadu

indopers.net, Bangkalan (Madura) – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Bangkalan, Senin (27/12/2021) siang, menyebabkan belasan pohon tumbang, Dan 2 bangunan non permanen roboh.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris menyampaikan, belasan pohon yang tumbang rata-rata berukuran besar maka membutuhkan waktu lama untuk mengevakuasi ke pingir jalan. “belasan pohon tersebut besar-besar dan memakan waktu saat evakuasi,” terangnya.

Pohon yang tumbang tersebut berada di pingir jalan raya akses menuju jembatan Suramadu sisi Madura. Akibatnya, seluruh kendaraan yang hendak melintasi di jalan tersebut mengakibatkan antrean sepanjang 2 kilometer.

Ia juga mengatakan, antrean kendaraan terjadi dari dua sisi sepanjang akses Suramadu, baik dari arah Madura menuju Surabaya ataupun sebaliknya. “Dari arah Surabaya ke Madura kemacetan sepanjang 2 Kilometer, dari arah Madura ke Surabaya 1,5 Kilometer,” tambahnya.

Upaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas disepanjang jalan yang terkena imbas pohon tumbang terus dilakukan pihak terkait seperti TNI-Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP dan elemen masyarakat bergotong royong membersihkan jalan.

Rizal juga mengatakan, evakuasi dilakukan oleh personel gabungan dibantu oleh masyarakat sekitar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Alhamdulillah pohon tumbang tidak menimpa kendaraan, sehingga tidak ada korban jiwa ataupun bangunan yang roboh karena sudah rapuh juga dan sudah tidak dihuni,” tambahnya.

Rizal juga menyebutkan terdapat hujan es di Kecamatan Labang. Dari rekaman video amatir oleh warga terlihat bongkahan es kecil turun dari langit disertai hujan.

“Fenomena hujan es memang bisa terjadi terutama saat cuaca ekstrem seperti saat ini. Informasi dari BMKG memang terdapat awan Cumulonimbus yang sangat tinggi, dari untuk citra VCUT CMAX terlihat ketinggian awan Cb mencapai 6-8 Km,” jelasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat cuaca ektrem terjadi. Sebab tak hanya hujan lebat dan angin kencang serta hujan es, namun sambaran petir juga potensi saat ini.

(Khoiron)

 242 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!