Waspadai Penyebaran Virus Cacar Monyet, Dinkes Pacitan Himbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Waspadai Penyebaran Virus Cacar Monyet, Dinkes Pacitan Himbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

indopers.net | Pacitan (Jatim) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Jawa Timur telah melakukan antisipasi tersebarnya virus cacar monyet yang disebut Monkey Pox atau M-Pox di wilayah Pacitan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustikoaji.

“dr. Daru mengatakan antisipasi ini berupa imbauan agar menghindari kontak dengan penderita dan barang-barang yang terkontaminasi virus tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa gejala awal serangan virus cacar monyet mirip dengan cacar air biasa. Oleh karena itu, masyarakat yang mengalami gejala cacar diimbau segera melaporkan diri ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Untuk tindakan antisipasi memang mengikuti penatalaksanaan penyakit serupa, seperti cacar air dan cacar api atau penyakit potensial wabah lainnya,” ungkapnya.

Menurut dr. Daru, virus M-Pox ini bisa ditularkan dari manusia ke manusia lewat kontak fisik, droplet, dan hubungan seksual. Virus cacar monyet ini dinilai cukup berbahaya tapi penularannya tidak secepat dan semudah virus covid-19.

“Kemudian karena penyebabnya virus, jadi tergantung dari daya tahan tubuh kita juga untuk tertular atau tidaknya,” kata dr. Daru.

Perbedaan M-Pox dengan penyakit lain yaitu pada M-Pox terdapat ruam-ruam bisa muncul pada telapak tangan dan kaki. Sedangkan penyakit cacar tidak ada ruam-ruam.

Perlu diketahui cacar monyet atau Mpox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hewan (zoonosis). Kementerian Kesehatan RI telah mengumumkan bahwa hingga Selasa (10/9/2024), terdapat 88 kasus terkonfirmasi Mpox di Indonesia.

Ia juga menyarankan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menggunakan masker di tempat umum sebagai langkah efektif dalam pencegahan.

“Dalam mewaspadai wabah ini saya menghimbau kepada warga masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat” kata dr. Daru.

Hingga saat ini, belum terdapat obat cacar monyet secara spesifik, Pasalnya kondisi ini dapat pulih dengan sendirinya dalam 2-4 minggu,” Pungkasnya. (ttk).

 38 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!