SMK Negeri Bandar Pacitan Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Sekaligus Penyerahan Piagam Kejuaraan Dalam Festival Olahraga Pendidikan 2024.

SMK Negeri Bandar Pacitan Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Sekaligus Penyerahan Piagam Kejuaraan Dalam Festival Olahraga Pendidikan 2024.

indopers.net | Pacitan (Jatim) – Memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 yang jatuh pada hari ini Rabu 14 Agustus 2024, khususnya keluarga besar SMK Negeri Bandar Kabupaten Pacitan melaksanakan upacara pramuka di halaman sekolah, SMK Negeri Bandar yang beralamatkan di Jalan Raya Bandar – Pacitan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Pada upacara Hari Pramuka ke 63 Tahun 2024 bertindak selaku Pemimpin upacara adalah ACHMAD SYAIFUDIN, S.Pd., M.Pd. Kepala Sekolah SMK Negeri Bandar, Salam Pramuka, Tujuan Pramuka adalah untuk membentuk individu yang mempunyai jiwa korsa dan menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia dan diharapkan mampu menjaga dan membangun NKRI. Selamat Hari Pramuka! Semoga semangat dan dedikasi Pramuka terus menginspirasi kita semua.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Hal ini sesuai dengan keberadaan Gerakan Pramuka yang telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk setiap anggota Pramuka berjiwa Pancasila serta mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

ACHMAD SYAIFUDIN, S.Pd., M.Pd. juga menyampaikan, saat ini Indonesia sedang menghadapai tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, perkembangan teknologi dan komunikasi yang menjadikan hilangnya batas-batas negara, hingga budaya asing yang telah menggerus semangat gotong royong dan nasionalisme generasi muda.

“Dalam menghadapi persoalan tersebut, Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini,” ujar Achmad Syaifudin, Rabu (14/8/2024).

Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

Sebagai organisasi pendidikan non formal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat yang di antaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan dan bakti sosial.

“Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini pada masa yang akan datang,” tegasnya.

Kegiatan dan upaya tersebut adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah ACHMAD SYAIFUDIN, S.Pd., M.Pd. Sekaligus menyerahkan medali dan Piagam kejuaraan sebagai tim peserta terbaik Festival Olahraga Pendidikan tahun 2024 serta memberikan Penghargaan terbaik.

Suasana upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 dilingkungan SMK Negeri Bandar berjalan lancar dan sukses. (ttk)

 60 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!