Ada Penyerahan Bendera Dalam Kegiatan UKS Di SD Negeri Ngepeh Tulungagung

Ada Penyerahan Bendera Dalam Kegiatan UKS Di SD Negeri Ngepeh Tulungagung

indopers.net | Tulungagung (Jatim) –
Ada penyerahan bendera merah putih dalam pelaksanaan kegiatan UKS di SD Negeri Ngepeh Kecamatan Bandung.

Hal tersebut Disampaikan oleh Rudy Ismanto,S.Pd selaku ketua KKG Olahraga.
Menurut Rudi, Penyerahan bendera ini bertujuan untuk mengganti bendera yang telah rusak karena sudah lama dikibarkan

Sementara itu, Purwanto,S.Pd selaku K3S menyampaikan, untuk kegiatan UKS pihak lembaga menerapkan jemput bola.

” Menurut aturan, seharusnya pihak kecamatan yang memberikan arahan kegiatan. Namun karena kita sering menunggu dan lama tidak ada informasi, maka pihak lembaga berinisiatif jemput bola ( melaksanakana kegiatan) dan pihak kecamatan barulah kita undang,” katanya.
Masih menurut Purwanto, kegiatan UKS biasanya dilaksanakan setiap bulan sekali dan bergiliran disetiap lembaga.

Diketahui kegiatan UKS dilaksanakan di SD Negeri Ngepeh. Nampak hadir dari Polsek Bandung dan juga UPT Puskesmas Bandung. Untuk arahan kegiatan dari UPT Puskesmas dan ada penyerahan bendera merah putih dari Polsek Bandung.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS yakni:

Pendidikan Kesehatan: melalui kegiatan peningkatan pengetahuan secara intrakurikuler, kokurikuluer dan ekstrakurikuler dan pembiasaan PHBS
Pelayanan Kesehatan: melalui pencegahan penyakit seperti dengan imunisasi dan minum obat cacing. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat: dengan melengkapi sarana prasarana PHBS, antara lain air bersih, toilet, tempat cuci tangan, tempat sampah, saluran drainase
Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah bertujuan meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Sebagai strategi peningkatan mutu pembinaan dan pelaksanaan Trias UKS maka sekolah harus memperhatikan stratifikasi UKS yang terdiri dari minimal, optimal, standar dan paripurna. Sekolah harus memenuhi seluruh indikator (pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat dan manajemen UKS/M) pada kelompok stratifikasi UKS. Dengan mereview indikator dalam stratifikasi UKS maka sekolah dapat memiliki rekomendasi perbaikan pelaksanaan Trias UKS dan menyusun perencanaan untuk mencapai indicator yang sudah ditentukan.
(Lgeng)

 206 total views,  2 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!