Menjadi Narasumber, Dandim 1016/Plk Berikan Materi Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas PGRI Palangka Raya

Menjadi Narasumber, Dandim 1016/Plk Berikan Materi Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas PGRI Palangka Raya

indopers.net | Palangka Raya (Kalteng) – Komandan Kodim (Dandim) 1016/Palangka Raya Letkol Arh Jimmy Hutapea,S.E .memberikan materi tentang Kehidupan Berbangsa Bernegara dan Kesadaran Pembinaan Bela Negara kepada mahasiswa baru di Aula Universitas PGRI Palangka Raya (UPPR) Sabtu (21/9/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 138 peserta dan merupakan bagian dari Masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UPPR Tahun Akademik 2024/2025.Selain itu juga dilaksanakan kegiatan MoU antara Kodim 1016/Plk dengan Universitas PGRI Palangka Raya

Dalam materinya, Dandim 1016/Plk Letkol Arh Jimmy Hutapea,S.E menyampaikan pentingnya pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara, seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Mahasiswa merupakan generasi harapan bangsa yang akan meneruskan kepemimpinan di masa depan. Oleh karena itu, pemahaman tentang nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara sangat penting untuk membentuk karakter mahasiswa yang berjiwa Pancasila dan cinta Tanah Air,” kata Dandim.

Selain itu, Dandim juga menekankan pentingnya kesadaran bela negara bagi mahasiswa. Menurutnya, bela negara tidak hanya terbatas pada angkat senjata, tetapi juga mencakup seluruh upaya untuk menjaga keutuhan, kedaulatan, dan kehormatan bangsa dan negara.

“Jadi untuk kalian para mahasiswa tentang Bela Negara ini perlu di pahami ada UU yang mengatur tentang Bela Negara yaitu UU NO.03 THN 2002 salah satu poin di situ berisi tentang Bela negara yaitu pengabdian sesuai dengan profesi itu yang pas dengan kalian para mahasiswa. Jadi dalam berbela negara ini tidak harus kalian menjadi seorang Abdi Negara, mau profesi kalian itu apa saja selama kalian masih menjadi Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia itu masih wajib dalam berbela negara”ucapnya.

Mahasiswa baru UPPR yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Dandim 1016/Plk, Mereka mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan kehidupan berbangsa bernegara dan bela negara.

“Materi yang disampaikan oleh Pak Dandim sangat bermanfaat dan membuka wawasan kami tentang pentingnya nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara. Ini akan menjadi bekal modal bagi kami dalam menjadi menjadi mahasiswa yang berjiwa Pancasila dan cinta Tanah Air” ujar salah seorang mahasiswa baru Imanuel.

Sementara itu, Pj Rektor Universitas PGRI Palangka Raya (UPPR) Dr.H.Slamet Winaryo,S.Pd., M.Si sangat mengapresiasi Dandim 1016/Plk yang telah memberikan materi kepada mahasiswa baru UPPR. Ia berharap kegiatan ini dapat membentuk mahasiswa yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Dandim 1016/Plk Letkol Arh Jimmy Hutapea,S.E yang telah memberikan pencerahan kepada mahasiswa baru kami tentang kehidupan berbangsa bernegara dan bela negara. Kami berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari,” kata Pj Rektor.

(Umar k)

 16 total views,  16 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!