Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut Ikuti Kegiatan Bincang Pemilu dan Demokrasi “Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, Apa Yang Diawasi ?”

Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut Ikuti Kegiatan Bincang Pemilu dan Demokrasi “Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, Apa Yang Diawasi ?”

indopers.net | Medan (Sumut) – Anggota Bawaslu Sumatera Utara Koordinator Divisi Humas dan Datin, Saut Boangmanalu, Rabu (19/6/2024), mengikuti kegiatan Bincang Pemilu dan Demokrasi “Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, Apa Yang Diawasi?” yang digelar oleh Sekolah Kebangsaan Pemuda Indonesia (SKPI) di Jalan Karya Bakti no. 45 A, Ketapang Cofee, Medan.

Saut menjelaskan, bahwa untuk membahas secara detail masalah pengawasan tidak serta merta bisa dengan satu atau dua pertemuan yang secara singkat, akan tetapi butuh proses, aksi dan komitmen, agar terwujutnya kuantitas pengawas pemilu.

“Kekuatan pengawas pemilu di regulasi sangat terbatas, kwantitas pengawas dan sdm supporting minim,” kata Saut, Kamis (20/6/2024) di Medan.
Menururut Saut, keterbatasan tersebut dikarenakan regulasi yang sangat terbatas dengan jumlah pengawas pemilu ditingkat tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan sumber kecurangan Pemilu salah satunya berasal dari TPS.

“Bawaslu membuka ruang seluas-luasnya bagi orang, lembaga dan siapapun. Kami terbuka untuk kerjasama atau pun melaksanakan Nota Kesepahaman untuk aksi teknis,” papar Saut.

Selain itu Kordiv Humas datin, selalu gelorakan lembaga bawaslu bisa menjadi lembaga konsultasi regulasi, pendidikan politik dan demokrasi kedepan. Bahkan bawaslu butuh partisipasi dari penyelenggara pemilu, TNI/POLRI, serta masyarakat.

“Ayo jangan tunggu bawaslu. Ibarat sebuah perusahaan, bawaslu adalah pekerja kasar yang berperan menjadi pengangkat karung, beban tertinggi tapi tetap menjadi objek paling tertuduh dalam gagalnya usaha,” tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Saut Boangmanalu (Komisioner Bawaslu Sumut), Henry Simon Sitinjak, SH., MH (Praktisi Hukum), Dr. M. Irfan Islami Rambe, SH., M.Kn (Sekretaris Magister Hukum FH UNA), Jonris Purba (Jurnalis), Amir Hamdani Nasution (Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia), pengantar diskusi, Dr. Faisal Andri Mahrawa, S.IP., M.Si (Fonder SKPI), dan Syafii Sitorus (Moderator).

( Agus)

 82 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!