Jaga Stabilitas Pangan, Pemkab Tulungagung Menggelar GPM (Gerakan Pangan Murah)

Jaga Stabilitas Pangan, Pemkab Tulungagung Menggelar GPM (Gerakan Pangan Murah)

indopers.net | Tulungagung (Jatim) – Pemkab Tulungagung terus menggelar GPM (Gerakan Pangan Murah), Sejak dibuka oleh Pj Bupati Tulungagung Dr.Ir.Heru Suseno,M.T pada bulan Februari yang lalu, kegiatan ini terus dilakukan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Kali ini kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Sebalor Kecamatan Bandung, Kamis (13/6/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Agus Suswantoro mengatakan, tujuan digelarya kegiatan ini adalah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen. Selain itu juga untuk meningkatkan keterjangkauan serta daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat.

Nampak Forkopimcam Bandung ikut mendampingi kepala dinas dalam kegiatan tersebut.

Kepala Desa Sebalor, Dadik Sukawiyatna ,S.Pd menyampaikan kegembiraanya dengan adanya kegiatan tersebut.
Pemerintah Desa Sebalor dan masyarakat menyambut dengan antusias.

Dalam gerakan pangan murah ini terdiri dari Bulog selaku BUMN pangan, Pabrik Gula Mojopanggung, Kelompok ikan binaan Dinas Perikanan, Kelompok ternak binaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, IKM/ UMKM olahan pangan binaan Dinas Perindutrian dan Perdagangan.

Selain itu, Poktan (Gapoktan) binaan Dinas Ketahanan Pangan dengan komoditas atau produk yang ditawarkan adalah komoditas pangan strategis seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, telur ayam, daging ayam, daging sapi, gula pasir, minyak goreng dan aneka sayuran serta berbagai produk olahan pangan lainya.
Selain itu, Poktan (Gapoktan) ketahanan Pangan dengan komoditas atau produk yang ditawarkan adalah komoditas pangan strategis seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, telur ayam, daging ayam, daging sapi, gula pasir, minyak goreng dan aneka sayuran serta berbagai produk olahan pangan lainya.

Gerakan Pangan Murah (GPM), yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya penyediaan bahan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau agar masyarakat dapat hidup sehat dan produktif.

Pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat.
Selain itu, untuk menjaga stok pangan.

Gerakan pangan Murah merupakan salah satu upaya Pemerintah kabupaten tulungagung dalam mengantisipasi konsisi sekaligus pengendalian inflasi pangan dan sebagai bagian dari upaya stabilitas pasokan dan harga pangan serta memastikan ketersediaan guna mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan yang kuat dan berdaulat.
(lgeng)

 86 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!