Hari Keenam Ramadhan, Wakabintaljarahdam XII/Tpr Beri Kultum di Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Hari Keenam Ramadhan, Wakabintaljarahdam XII/Tpr Beri Kultum di Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

indopers.net | Pontianak (Kalbar) – Hari keenam Ramadhan, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., diwakili Wakabintaljarahdam XII/Tpr Letkol Inf Affiansyah, S.P., M.I.P menyampaikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) kepada jamaah sholat Tarawih di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Selasa (28/3/23).

Wakabintaljarahdam XII/Tpr Letkol Inf Affiansyah dalam kultumnya menyampaikan, bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam sebaik – baik bentuk. Selain itu didalam diri manusia juga memiliki beberapa sifat, yang sejatinya harus dikendalikan oleh manusia itu sendiri.

Selanjutnya Ia menyampaikan bahwa empat sifat manusia yang harus selalu dijaga antara lain :

Pertama sifat Rububiyah, yaitu sifat ketuhanan yang hanya dimiliki oleh Sang pencipta manusia.

Kedua sifat syaitaniah, yaitu sifat “kesetanan”, sifat ini ada pada diri manusia yang mana apabila telah menguasai diri, maka manusia tersebut akan suka merekayasa dengan penuh tipu daya dan meraih segala sesuatu dengan cara-cara yang jahat.

Ketiga sifat bahimiyah, yaitu sifat manusia berupa “kehewanan” dimana apabila sifat ini telah menguasai diri manusia, maka ia akan memiliki sifat rakus, tamak, suka mencuri, makan berlebihan, tidur berlebihan, suka berzina, berperilaku sek menyimpang dan lain sebagainya.

Dan keempat yakni sifat sabu’iyah, yaitu sifat “kebuasan” yakni apabila sifat ini menguasai diri manusia, maka ia akan suka bermusuhan, berkelahi, suka marah, suka menyerang, suka memaki, suka berdemo, anarkis, cemburu berlebihan dan lain sebagainya.

Dan akhirnya dengan kita berpuasa utamanya dibulan suci Ramadhan ini, kita kembali melatih diri untuk menghilangkan sifat – sifat buruk tersebut, karena tiga sifat dari empat sifat yang telah disampaikan merupakan suatu sifat yang merugikan manusia itu sendiri dan juga bagi orang lain,” harap Letkol Inf Affiansyah mengakhiri Kultumnya.

@Umar k.

Sumber:Pendam XII/Tpr.

 177 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!