Momentum HPN Ke-77, PWI Sampang dan PJS Kolaborasi Gelar Malam Refleksi

Momentum HPN Ke-77, PWI Sampang dan PJS Kolaborasi Gelar Malam Refleksi

indopers.net, Sampang (Madura) – Hari Pers Nasional (HPN) merupakan peringatan tahunan yang biasa diperingati oleh insan pers, baik secara organisasi maupun individu

Tak jarang, dalam momentum tersebut banyak organisasi mengadakan kegiatan untuk menyemarakkan hari lahirnya pers tersebut

Seperti yang di lakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Sampang dan Persatuan Jurnalis Sampang ( PJS) yang pada Kamis malam tanggal 9 februari 2023 menggelar kegiatan refleksi bersama

Kegiatan berlangsung di Alun-alun Trunojoyo kabupaten Sampang, kedua organisasi tersebut mengkonsep acara dengan kajian, pembacaan kode etik jurnalistik (KEJ), renungan, do’a dan di tutup dengan pemotongan tumpeng bersama

Ketua PWI Sampang Fathor Rahman mengatakan bahwa pembahasan KEJ sengaja ditentukan setelah melewati beberapa kali diskusi bersama sahabat PJS.

Menurutnya, memang KEJ merupakan hal yang sangat mendasar di dunia jurnalistik namun acap kali tidak dihiraukan oleh kalangan insan pers.

“Kita ketahui bersama wartawan memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional, tentunya untuk menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme dan inilah pentingnya paham KEJ,” ujarnya.

Apalagi, kata pria yang akrab di sapa Mamang itu saat ini cukup banyak media sekaligus wartawan baru bermunculan lantaran akses untuk berperan sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia ini sangat mudah dilalui.

Hanya saja, semua tidak bisa menjamin soal pemahaman dan prinsip masing-masing wartawan yang ditanam berdasarkan KEJ, maka perlu adanya gerakan untuk menyelaraskan.

“Jadi setelah melalui diskusi panjang kita sepakat untuk menegakkan KEJ demi nama baik profesi wartawan, kita akan jaga citra pers terutama di Kabupaten Sampang,” terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua PJS Faris Reza Malik dan menurutnya memang perlu perhatian serius untuk menyelaraskan pemahaman KEJ di Kabupaten Sampang.

Sebab, dikhawatirkan malah akan menjadi krisis pemahaman KEJ dan buruknya akan merusak citra pers.

“Kami akan menegakkan KEJ sekaligus menjunjung tinggi nama baik jurnalis dan ini perlu kekompakan sesama profesi,” pungkasnya.

(Man)

 111 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!