Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, S.H. Didampingi Kepala Dinas Perikanan Melakukan Penebaran Benih Ikan Di Balai Benih Ikan (BBI).

Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, S.H. Didampingi Kepala Dinas Perikanan Melakukan Penebaran Benih Ikan Di Balai Benih Ikan (BBI).

indopers.net, Lampung Utara – Kelompok petani ikan serta pengusaha ikan di Kecamatan Tanjung Raja dan Abung Tinggi, Lampung Utara setiap panennya dapat mencapai 6 ratusan ton. Sayangnya, produksi yang tinggi itu terkendala dalam pemasarannya.

“Kami selalu petani ikan maupun pengusaha ikan sangat mengharapkan bantuan pemerintah daerah untuk mencarikan tempat pemasaran yang besar untuk menerima hasil produksi ikan kami,” kata Muhammad Aziz, Kolampok Petani Ikan Tanjung Raja ketika berdialog dengan Wabub Lampura, Ardian Saputra, Senin (14 Oktober 2022).

Dijelaskannya, kurang lebih tiga tahun ini, hidup petani ikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, banyak masyarakat yang awalnya usaha perkebunan beralih fungsi ke budidaya ikan sebagai penopang memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi covid 19.

Kendati demikian, peran penting pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan motivasi dan arahan bagi petani ikan baik itu dibidang UMKM sampai cara proses pemasaran untuk penarik minat para pengusaha besar agar bisa datang ke sini.

Ditambahkan, dirinya juga meminta kepada pemerintah daerah membuat pasar induk khusus petani ikan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat serta menarik peminat masyarakat luar daerah maupun luar Provinsi berkunjung Kelampura.

Menanggapinya, Wabup Ardian Saputra mengatakan pemkab akan berupaya semaksimal mungkin enfasilitasi petani ikan dalam pemasaran hasil produksinya keluar daerah.

“Kita akan upayakan secepatnya untuk membantu petani ikan untuk pemasaran hasil budidaya ikannya,” ucapnya.

Menurut dia, pertumbuhan budidaya ikan di Lampura mengalami peningkatan yang cukup cepat. Bahkan menjadi daerah penghasil produksi ikan yang cukup besar. Tentunya hal ini, memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam memajukan Lampung Utara.

Kesempatan itu, Kadis Perikanan Sanny Lumi menjelaskan bahwa produksi ikan di Lampura setiap panennya mencapai ratusan ribu ton setiap bulan. Dari data ini, kita akan berupaya mendatangkan pengusaha dari luar yang mampu menampung hasil produksi ikan.

“Mudah mudahan pengusaha pengusaha diluar daerah tertarik dan mau menampung hasil produksi ikan karena Lampura masuk urutan nomor 4 penghasil ikan terbesar di Provinsi Lampung, ” tuturnya.

Kemudian, Wabub Lampura, Ardian Saputra disamping Kadis Perikanan Sanny Lumi, Sekertaris Kominfo Luzirwan, Kabag Kesra Apriyadi, Kabid Dinsos Firmasyah, Camat dan petani ikan secara simbolis pelepasan ribuan bibit ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Tanjung Raja. ( imron / ADV ).

 116 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!