KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kobar Kalteng.

KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kobar Kalteng.

indopers.net, PANGKALAN BUN/ KOBAR (KALTENG) – Kapal KM Satya Kencana III terbalik hingga karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rabu (19/10). Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dari insiden ini.

Kepala KSOP Kumai Hary Suyanto menyampaikan kepada awak media bahwa tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa kendaraan yang terperangkap di dalam kapal.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena penumpang sudah turun dan tinggal proses bongkar atau menurunkan kendaraan,” ujarnya.

Dijelaskannya, adapun kronologi yang diterima dari Kepala PT DLU Cabang Kumai Agus Supriyanto, kejadian KM Satya Kencana III karam di Dermaga Utara Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Rabu (19 /10), yaitu pada saat pukul 00.00 WIB, kapal sandar di Kade Panglima Utar, dilanjutkan dengan kegiatan embarkasi penumpang dan bongkar muatan.

Pada pukul 00.40 WIB, saat bongkaran ke 4 ada 1 unit truk besar (TB) nyangkut di pintu rampdoor, dan pada waktu bersamaan ada 1 truk besar roboh menyebabkan kapal miring dan air masuk ke kapal.

Lanjutnya, upaya pertama yang dilakukan yaitu menarik kapal dengan 2 tugboat, dengan harapan kapal bisa kembali ke stabilitas, tapi air begitu derasnya masuk ke kapal, sehingga tidak terkejar akhirnya kapal karam.

Sebelumnya sudah ada usaha dari kapal untuk mengurangi air yang masuk, dengan mengatur heling kapal dan menutup pintu – pintu kedap. Tapi tidak membuahkan hasil. Sehingga nakhoda memerintahkan awak kapal semua untuk meninggalkan kapal.

“Muatan yang masih di dalam kapal, yaitu 2 kendaraan kecil (KK), 8 truk besar (TB) dan 1 unit TB jatuh ke air, dan kami tegaskan kembali tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini,” ucapnya.

“Pada kejadian ini di dalam kapal masih ada ada 10 kendaraan yakni 2 unit kendaraan kecil, 8 unit fuso muatan sembako, dan satu truk besar tercebur,” ujar Hary Suyanto.

“Upaya penyelamatan awal sudah kita lakukan, seperti menarik kapal dengan dua kapal tugboat dengan harapan kapal bisa kembali ke stabilitas, tapi air begitu derasnya masuk ke kapal sehingga tidak terkejar akhirnya kapal karam,” ujarnya lagi.

Berikut jumlah manifest Kapal KM Satya Kencana III jumlah penumpang sebanyak 289 Jiwa dengan rincian Dewasa 252 jiwa, anakanak 24 jiwa, bayi 13 jiwa, sepeda Motor 4 unit, mobil 6 unit, truk 3 unit, dan fuso 12 unit.

“Untuk pelayanan pelabuhan tidak ada gangguan, dan kapal masuk nanti akan bergantian,” pungkasnya. (A Hadi)

 257 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!