LAPAS Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Ikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M di Masjid Baiturrahman

LAPAS Narkotika Kelas IIA Pamekasan,  Ikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M di Masjid Baiturrahman

indopers.net, Pamekasan (Madura) – Gema takbir berkumandang ke seluruh penjuru, ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, ikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M di Masjid Baiturrahman Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

Hadir pada pelaksanaan sholat Ied tersebut, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto dan seluruh pejabat Struktural serta pegawai Lapas Narkotika Pamekasan, Minggu (10/07).

Tepat hari ini, seluruh umat muslim di dunia tengah merayakan hari Raya Idul Adha 1443 H, pun dengan Warga Binaan yang sedang menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

Hari Raya Idul Adha yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji dilakukan oleh sebagian umat muslim. Dan tak hanya itu, masyarakat muslim pun melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban yang telah menjadi kewajiban setiap tahunnya.

Tahun ini, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, memotong hewan Qurban sebanyak 9 (Sembilan) ekor, terdiri dari 4 (Empat) ekor sapi dan 5 (Lima) ekor kambing yang.

Daging daging hewan Qurban ini nantinya dibagikan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan dalam bentuk hidangan siap konsumsi dan sebagian dibagikan kepada pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

Kalapas mengucapkan selamat Idul Adha 1442 H bagi seluruh Warga Binaan maupun Pegawai Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan pada awak media.

“Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H bagi seluruh Warga Binaan, juga petugas Lapas Narkotika Pamekasan,dan kegiatan ini sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah, dan sebagai pelaksanaan pembinaan kerohanian dan kepribadian bagi warga binaan semua,” ujarnya.

Terkait mekanisme layanan kunjungan tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto mengatakan sudah menyiapkan jauh jauh hari segala sarana dan prasarana penunjang layanan kunjungan yang mengacu pada protokol kesehatan.

“Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan mekanisme layanan kunjungan tatap muka dan pembinaan yang melibatkan pihak luar sesuai dengan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Nantinya kami akan melakukan ujicoba layanan kunjungan tatap muka pada hari Selasa dan Kamis” terang Yan Rusmanto.

Sementara itu yang bertindak khatib pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H Ustadz KH. Mahdum Melfi pengasuh PP. Nurul Karomah menyampaikan tentang fadillah berqurban yang merupakan perintah Allah melalui kisah nabi Ibrahim yang mendapatkan wahyu berupa mimpi menyembelih anak kesayangannya, Ismail.

“Mimpi tersebut merupakan perintah dari Allah yang menguji keimanan dan ketaatan Nabi Ibrahim kepada-Nya. Dengan rela dan ikhlas, Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail pun mematuhi dan melaksanakan perintah tersebut. Di balik kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, menjadi dasar kewajiban berkurban yang dilaksanakan setiap umat muslim hingga hari ini. Melalui kewajiban ibadah berkurban, umat muslim diperintahkan untuk bersedekah, saling menolong, memberi, dan mengasihi terhadap sesama. Dengan begitu, kehidupan manusia dapat berjalan dengan damai, rukun, dan sejahtera,” ujarnya.

Pelaksanaan sholat Ied Adha 1442 H di Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim berjalan dengan dengan khusuk, tertib, aman dan kondusif.

(Muhklis)

 160 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!