Pemusnahan Puluhan Ribu Petasan di Bangkalan Madura Mengakibatkan Puluhan Rumah Disekitarnya Mengalami Kerusakan.

Pemusnahan Puluhan Ribu Petasan di Bangkalan Madura Mengakibatkan Puluhan Rumah Disekitarnya Mengalami Kerusakan.

indopers.net, Bangkalan (Madura) – Detik-detik ledakan besar dari pemusnahan 100 kilogram atau 1 kuintal bubuk mesiu dan puluhan ribu petasan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, terekam kamera. Ribuan mercon roket dan 1 kuintal obat petasan tersebut dimusnahkan oleh polisi Bangkalan, Madura, pada Sabtu 16 April 2022.

Di luar dugaan, pemusnahan ini justru malah merusak puluhan rumah warga yang ada di sekitar lokasi. Dalam rekaman yang beredar terlihat mercon dan petasan tersebut diledakkan di tengah lapangan.

Ledakan diawali oleh kemunculan asap putih yang tidak terlalu banyak, tetapi semakin lama dentuman ledakan terdengar semakin besar dan asap yang muncul juga semakin banyak. Bahkan, orang-orang yang berada di lokasi merasa kaget dengan dentuman ledakan yang sangat kencang itu.

“Sumpah ini gede banget,” kata salah seorang pria di lokasi.

“Ancoor,” ucap pria lainnya, Akibat ledakan 1 kuintal petasan tersebut, sebanyak 35 rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan. Namun, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Kepolisian Resor Bangkalan mengatakan pemusnahan 1 kuintal petasan bermula dari temuan barang berbahaya tersebut pada Jumat, 15 April 2022 di rumah salah seorang pelaku yang berinisial MR (28) di Dusun Tebbanah, Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura.

Timsus Satreskrim Bangkalan, Polres Bangkalan berhasil mengamankan pelaku MR dan mengamankannya ke Mapolres untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sementara itu, di rumah pelaku, polisi menemukan setidaknya 24.217 buah mercon jenis slengdor, dengan rincian 23.900 buah mercon jenis slengdor ukuran kecil, 317 buah mercon jenis slengdor ukuran sedang, 4 sak Sulfur total, dan 10 sak Potasium Chlorate 25 kilogram per sak dengan total 255 kilogram.

Kemudian 10 ikat Lidi untuk pemasang mercon, 1 set timbangan, 3 kg Arang/Brown, 3 ikat karung semen bekas, 5 kardus sumbu, dan 115,5kg Black powder yang sudah tercampur dan siap pakai.

Tak berselang lama, sebanyak 24.217 mercon pun diledakkan di Lapangan Tembak Kodim 0829 Bangkalan yang terletak di kelurahan Bancaran, kota Bangkalan, Madura, pada Sabtu, 16 April 2022. Kegiatan ini pun dipimpin langsung oleh Tim Jihandak Gegana Satbrimob Polda Jatim.

Dentuman ledakan yang keras terdengar hingga radius sekitar 3 kilometer, dan ada beberapa rumah warga serta fasilitas umum yang menjadi korban akibat suara ledakan yang cukup dahsyat.

Selepas acara pemusnahan berlangsung, Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino menjelaskan jika Satreskrim Bangkalan, Polres Bangkalan di bawah komando AKP Bangkit Dananjaya berhasil mengamankan rumah produksi petasan dan rumah penjual bahan petasan yang berada di Desa Langkap.

“Kami bekerja sama dengan Tim Jihandak Gegana Satbrimob Polda Jatim untuk menggelar disposal (pemusnahan) ini dan telah sesuai dengan prosedur pemusnahan. Apabila tidak dimusnahkan, maka akan berbahaya karena bahan petasan ini juga memiliki masanya. Jika ada human eror, maka bisa membahayakan lebih banyak lagi,” tuturnya.

“Petasan ini, menurut ahli Bom Gegana Polda Jatim, termasuk dalam jenis Low Explosive. Namun bisa menjadi daya ledakan tinggi apabila dalam bentuk banyak dan tertutup dengan casing yang rapat. Untuk tersangka yang kita amankan 1 orang sebagai pembuat dan penjual bahan petasan tersebut,” kata Alith Alarino menambahkan.

Tidak hanya itu, dia juga menyadari jika pemusnahan bahan petasan ini berdampak kurang baik bagi masyarakat seperti kerusakan rumah dan sejumlah fasilitas umum seperti Masjid dan sekolah yang letaknya tidak jauh dari lokasi.

Oleh karena itu, Alith Alarino menegaskan pihaknya akan bertanggung jawab atas semua kerusakan yang terjadi.

(khoiron)

 390 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!