(KADIN) Kota Batu Mangadakan Uji Kompetisi Skema Pemeriksaan Produk Industri Kecil (IKM)

(KADIN) Kota Batu Mangadakan Uji Kompetisi Skema Pemeriksaan Produk Industri Kecil (IKM)

indopers.net, Batu Malang (Jatim)

Guna bisa bersaing dengan produk luar negeri, Kamar Dagang dan Industri ( KADIN) Kota Batu, Kamis ( 27/1/2022) mengadakan Uji Kopetensi Skema pemeriksaan produk industri kecil menegah ( IKM) bertempat di Hall Senyum World Hotel Batu.

Dalam gelaran Uji Kompetensi yang melibatkan Kadin kerisidenan malang sejumlah 35 peserta tersebut, dijelaskan oleh Ketua Kadin Kota Batu , Endro Wahyu.

” Kita dipercaya sebagai tuan rumah sebagai kurasi.Kita dipercaya dikarisidenan malang,” jelasnya.

Mengkurator, atau  menilai.Misalnya saat membuat  satu usaha.Dengan kemasan yang baik agar punya daya tarik bagi konsumen dan bisa menembus pasar mancanegara.

” Tujuannya agar tidak kalah dengan negara lain, karena saat ini produk – produk kita banyak supaya terferivikasi,” harapnya.

Lanjut ia, dari sejumlah 35 peserta terdiri dari karisidenan malang tersebut,  dari Pasuruhan, Probolinggo, dan sekitarnya.

” Acara ini selama tiga hari, dua hari digelar melalui zoom dan terakir ini  kita lakukan kerjanyata dengan praktek secara langsung,” kata Endro.

Endro, sapaan akrabnya menambahkan, kurasi ini agar bisa bersaing dengan produk – produk luar negeri.Dengan demikian, terobosan pemasaran produk tersebut, nantinya bakal disebar di koperasi.

” Kadin sendirikan Internasional,  terlebih produk – produk Kota Batu banyak yang potensi.Misalnya kripik apel, tempe dan masih banyak produk – produk lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, terkait dengan kurasi tersebut, ngaku dia, untuk menyeleksi para pembuat IKM agar tetap semangat dalam menjaga kualitas produk IKM di batu, agar  layak ekspor. Meski begitu, Endro mengaku Kadin perlu ekstra.

” Untuk menata dan membenahi apa yang kurang, seperti packaging, kemasan, daftar isi, dan lain sebagainya agar lebih baik dan ilegan,” harapnya.

Yang perlu diketahui, tambah dia, para peserta ini akan mendapat sertifikat yang betul betul mengerti berdasarkan standard ekspor ke luar negeri.

” Tujuan utama, barang – barang IKM ini bisa masuk ke pasar luar negeri dengan standard ekspor,” tegasnya.

Yang perlu diinformasikan, yang hadir dalam giat ini, Kepala Diskumdag Pemkot Batu, Eko Suhartono, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, Suryo Widodo Direktur Jawa Timur Park dan beberapa undangan yang lain.

( Yongkie/Rudy )

 109 total views,  2 views today

indopers.net

indopers.net

Satu Komando, Satu Tujuan, Satu Hati Dan Satu Identitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!