Warga Rubung Buyung Menggelar Ritual Mamapas Lewu Untuk Tolak Bala

Warga Rubung Buyung Menggelar Ritual Mamapas Lewu Untuk Tolak Bala

indopers.net | Kotim (Kalteng) – Warga Desa Rubung Buyung menggelar ritual Mamapas Lewu di rumah kediaman Alpian O Dampa, jalan Desa Rubung Buyung, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (10/7/2024).

Acara Mamapas Lewu (Membersihkan Kampung) ini salah satu ritual adat suku Dayak Hindu Kaharingan, ritual ini sudah lama dari leluhur turun temurun hingga sampai saat ini tetap dilaksanakan. Kegiatan Mamapas Lewu dimulai dari hari Senin tanggal 8 sampai tanggal 10 hari ini.

Alpian O Dampa Sebagai tuan rumah, dihadiri Kepala Desa Rubung Buyung Kurniawan, SH., Kapolsek Cempaga Iptu Moh. Rochim, S.Sos, Koramil 1015-06/Cempaga Lettu Inf Piano, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Ketika diwawancarai oleh media ini Kepala Desa Rubung Buyung Kurniawan, S.H., menjelaskan,” Hari ini kita mencapai puncak Mamapas Lewu Rubung Buyung yang dimulai pada tanggal 8 kemarin

” Dimana acara Mamapas Lewu ini acara umat Hindu Kaharingan, yaitu bertujuan untuk tolak bala, untuk membersihkan segala macam yang sifatnya negatif. Agar Desa Rubung Buyung terhindar dari berbagai masalah dan masyarakatnya sehat, sukses rejeki bertambah.

Saya berterima kasih kepada semua yang berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. Kepada panitia saya sangat mengapresiasi dari persiapan sampai selesai hari ini, semua berjalan dengan baik sesuai harapan,”tutup kades.

(Umar k)

 79 total views,  3 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!