Koramil 0822/13 Tlogosari Bondowoso Klarifikasi Terkait Penutupan Air Yang Sudah Rame di Medsos

Koramil 0822/13 Tlogosari Bondowoso Klarifikasi Terkait Penutupan Air Yang Sudah Rame di Medsos

indopers.net, Bondowoso (Jatim)

Pada hari Jumat Tgl 26 November 2021 Pukul 13.00 Wib s.d 14.00 Wib bertempat di rumah kasun Sumber balin, BPK Ishak , Dusun Sumber Balin,RT 18/RW 04 Desa Pakisan, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowosoa telah di laksanakan Pendalaman terkait adanya berita penutupan saluran aliran air minum di wilayah dusun sumber balin,desa Pakisan kecamatan Tlogosari oleh perangkat desa Pakisan.

Turut hadir dalam pendalaman dan koordinasi

Danramil 0822/13 Tlogosari Kapten Inf Adi Leksono
Anggota Unit Intel Dim Bondowoso Serka Agus Puji Waluyo, Babinsa Pakisan Serka Paiman
Kasun Sumber balin BPK Ishak
Wartawan Indopers.net Sdr Rudi
Wartawan Nusantara Post Rahman

Adapun hasil pendalaman

ishak Kasun Sumber Balin saat di temui di rumahnya mengatakan., Bahwa tidak ada penutupan atau pengrusakan terkait saluran air bersih masyarakat yang berada di dusun sumber balin dan hanya pengalihan sementara di karenakan aliran air bersih dari pusat nya menyusut.

Bahwa terkait pengalihan aliran sumber air bersih tidak ada kaitanya dengan politik /Pilkades, “ucapnya Ishak Kasun Sumber Balin

Sumber air bersih yang menjadi tumpuan masyarakat saat ini berkurang dan akan normal biasanya pada musim kemarau sekitar bulan 4 (April), dimana pusat sumber air ada di sumber mas yang termasuk lahan perhutani dengan jarak -/+ 8,5 Km

“Adapun masyarakat yang terdampak dengan menyusutnya sumber air bersih sekitar 200 KK yang berada di dataran tinggi di RT 17, RT 16, RT 18. Yang saat ini normal ( masih bisa menerima ) RT 15 dan RT 19 karena terletak di dataran rendah.

Hingga saat ini saluran air bersih yang di tutup 4 Titik dari yang rencana 40 titik aliran yang akan di tutup sementara, dengan penutupan tersebut cuma sementara bukan untuk di tutup seterusnya

Bahwa terkait permasalahan air sudah pernah ada musyawarah antar masyarakat di salah satu rumah tokoh masyarakat Sumber balin BPK Wafi dengan hasil pemakaian air akan di gilir,akan tetapi karena kurang maksimalnya aliran sumber air maka walaupun di gilir tetap tidak mencukupi, “terangnya kasun ishak

Adapun solusi sementara
Solusi sementara meminta kiriman bantuan Air bersih dari Pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso.

Pemerintah desa Pakisan akan berkoordinasi dengan desa tetangga (desa berambang) untuk membantu mengalirkan sebagian air ke dusun sumber balin,karena di desa Berambang Sumber air bersih lumayan besar.

Perlunya pemerintah daerah Kabupaten Bondowosoa untuk membantu menyelesaikan permasalahan air bersih di wilayah dusun sumber balin,desa Pakisan, kecamatan Tlogosari,dengan cara pengeboran air.

Bahwa saat ini masyarakat yang terdampak kekurangan air bersih mengambil air di sungai dengan jarak -/+ 500 meter dengan Medan yang curam.

Staf PUPR Kabupaten Bondowosoa pada hari Jumat Tgl 26 November 2021 sudah melaksanakan pengecekan ke sumber air yang menyusut dan akan ada putusan dari PUPR pada hari Senen Tgl 29 November 2021 terkait kemungkinan langkah langkah yang akan di ambil oleh Dians PUPR Bondowoso.

Kami selaku kontrol sosial dari Media Indopers.net dan Media Nusantara.pots.com merasa kurang puas denga tidak hadirnya Pj Kades Pakisan dan Camat Tlogosari di dalam klarifikasi terkait penutupan saluran air tersebut.

( Rudy )

 652 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!