PPL Kecamatan Sampang Madura Respon Cepat Keluhan Petani Bawang

PPL Kecamatan Sampang Madura Respon Cepat Keluhan Petani Bawang

indopers.net, Sampang

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Sampang, melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di dampingi petugas POPT dan Babinsa Gunung Maddah mendatangi salah satu lokasi petani bawang merah yang terletak di Dusun Bangian Desa Gunung Maddah, Kec. Sampang Kab. Sampang. Selasa (14/09/2021).

Kehadiran Petugas Penyuluh Lapangan kecamatan Sampang lantaran adanya keluhan dari petani bawang merah yang tanaman bawang merahnya terkena hama penyakit, diantaranya hama ulat dan tikus.

Alif rizki nursianku selaku Koordinator PPL, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Sampang merespon keluhan petani tersebut. dirinya berharap petani lainnya juga ikut berperan aktif, jika ada sesuatu yang terjadi pada tanaman petani, seperti adanya gangguan dari hama yang bisa merusak tanaman petani.

“Jika ada gangguan pada tanaman petani, baik bawang merah, jagung, padi dan yang lainnya, segera laporkan ke Kelompok tani (POKTAN) setempat, supaya nantinya ketua Poktan yang menyampaikan ke saya selaku Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL),” Ucap Kiki Sapaan akrabnya

Ia juga mengatakan bahwa setelah menerima laporan dari ketua POKTAN, dirinya akan menghubungi petugas pengendalian organisme pengganggu tanaman (POPT) supaya melakukan survey ke lokasi.

“Dan setelah saya menerima laporan dari ketua poktan tersebut, saya akan menghubungi petugas POPT, supaya di survey ke lokasi, dan bisa mengajukan obat ke Dinas Pertanian,” Pungkas Kiki

Di tempat yang sama petugas pengendalian organisme pengganggu tanaman (POPT) Sayyadi menyarankan agar jangan asal mencampur beberapa obat hama yang tidak perlu, karena disamping kurang efektif juga supaya tidak terlalu boros biaya.

“Kalau memberi obat pada tanaman, harus mengetahui jenis hama yang menyerang tanamannya, baru memberi obat yang tepat untuk membasminya, karena kalau sembarangan memberi obat, disamping kurang efektif juga akan boros biaya, kasihan petani,” kata Sayyadi

Madi dan H.Sakiran salah satu petani bawang merah asal Dusun Bangian Desa Gunung Maddah mengatakan, bahwa dirinya berdua mewakili dari beberapa petani lainnya, mengucapkan banyak terima kasih kepada Alif rizki nursianki selaku Koordinator PPL, Balai Penyuluhan Pertanian kec.Sampang dan Sayyadi selaku petugas POPT, karena sudah membantu petani dalam menangani hama pada tanaman bawang merahnya.

“Kami mewakili petani Desa Gunung Maddah Mengucapkan banyak terima kasih kepada petugas dari Pertanian.” Ucapnya.

(Man)

 378 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!