Pengembalian Kerugian Negara Tidak Menghapuskan Dipidananya Pelaku Tidak Pidana

Pengembalian Kerugian Negara Tidak Menghapuskan  Dipidananya Pelaku Tidak Pidana

indopers.net, Indragiri Hulu

Bujang, salah seorang anggota LSM Gerakan Pemuda Anti Korupsi (GPAK) mengungkapkan bahwa dugaan tindak pidana korupsi oknum dewan sudah dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau pada tanggal 20 Mei 2021 silam dengan nomor surat 1/GPAK/5/2021 tertanggal 3 Mei 2021.

“Sesuai Pasal 4 Undang-undang Nomor (UU No.) 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana diubah dengan UU No. 20/2001. Dalam aturan itu disebutkan pengembalian kerugian negara atau perekonomian negara tidak menghapuskan di pidananya pelaku tindak pidana sebagai mana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 3,” ungkapnya, Minggu (27/5).

Bujang mengatakan bahwa diantara poin yang dilaporkan diantaranya masalah SPPD, termasuk SPPD yang pernah ditangani oleh penegak hukum lainnya, pembayaran tunjangan perumahan bagi pimpinan dan anggota DPRD Inhu tahun 2016 diduga tidak memiliki dasar hukum, dan anggaran di APBD diduga pertahunnya jika Rp5,4 milyar, jadi lima tahun satu priode menjadi Rp27 milyar. Dan termasuk masalah lainnya.

“Masalah dana tunjangan perumahan. Sementara oknum DPRD Inhu diduga banyak yang tinggal di rumah pribadi dan banyak tidak menyewa atau memgontrak rumah. Dan syarat pencairannya dugaan itu sudah dibunyikan di dalam surat laporan ke Kejati Riau yang ditembuskan ke Jaksa Agung, Jamintel Jampidsus dan Jamwas Kejagung di Jakarta, ” terangnya.

Ia juga menceritakan kalau hal ini sudah berkali-kali diberitakan dan bahkan sudah pernah dikonfirmasi namun tiada tanggapan. Yang akhirnya mereka memutuskan untuk melapor akan hal tersebut ke Kejati Riau di Pekanbaru dan ditembuskan ke Jakarta.

Sementara salah seorang oknum mantan anggota DPRD Inhu priode 2014-2019, pak Arif Ramli saat dikonfirmasi melalui whatsapp beliau tidak menjawab.

(Harmaein-Riau)

 186 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!