Semangat Gotong Royong Babinsa Evakuasi Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsor di Banyuwangi

Semangat Gotong Royong Babinsa Evakuasi Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsor di Banyuwangi

indopers.net, Banyuwangi

“Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi bertempat di Dusun Sadang Desa Pakel Kecamatan Licin telah terjadi tanah longsor yang mengenai dua rumah warga akibat dari hujan deras yang mengguyur wilayah dengan intensitas tinggi sehingga tanah bukit di area pemukiman warga tidak stabil tergerus air hujan.

Mendengar kejadian tersebut anggota Peltu Agus Sugiarto Danposramil 0825/22 Licin memerintahkan anggota Babinsanya untuk membantu evakuasi tanah longsor di Desa Pakel.

Selaku Babinsa Serda Muhammad Dardiri Nurdin yang berdinas aktif di Posramil 0825/22 Licin lansung berangkat menuju ke TKP setelah menerima laporan dari warganya via handphone yang selalu dibawa.

Tanpa mengenal waktu dan lelah, beliau membantu sebagian warga yang berada di lokasi kejadian hingga tepat pada pukul 05.30 WIB seluruh warga yang berada di dua Dusun tersebut berdatangan untuk melaksanakan kerja bhakti bersama.

Serda Nurdin menjelaskan tepatnya pada hari kamis dini hari telah terjadi hujan yang sangat deras di wilayah kecamatan licin yang mengakibatkan tanah longsor di dusun Banyucindih dan jembatan ambrol di Dusun Karangsari Desa Segobang kecamatan Licin.

Tepatnya pukul 01.00 WIB terjadinya longsor kembali yang lebih besar yang mengenai dua rumah warga dan menimpa 6 orang di dalam rumah. Pukul 01.30 wib Babinsa dan perangkat desa tiba dilokasi kejadian dibantu masyarakat melaksanakan pertolongan kepada warga yang tertimpa longsor di dalam rumah. Pukul 02.00 wib telah dilaksanakan penyelamatan terhadap warga yang tertimpa longsoran dan ditemukan selamat sebanyak 7 orang. Pukul 06.00 wib ditemukan kembali satu warga tertimpa tanah longsoran dan sudah dalam keadaan meninggal dunia an. Ardi.

Sekitar pukul Pukul 06.30 WIB dilaksanakan evakuasi korban meninggal kerumah kerabatnya dilanjutkan prosesi pemakaman di TPU Dusun Sadang Desa Pakel Kecamatan Licin.

Pelaksanaan evakauasi atau penyelamatan barang-barang milik korban yang ada dalam rumah dan dilakukan pembersihan oleh anggota Kodim yang siaga dan anggota Koramil terdekat. Pukul 09.20 wib pelaksanaan evakauasi atau penyelamatan barang2 milik korban yang ada dalam rumah dan dilakukan pembersihan oleh anggota Kodim yang siaga dan anggota Koramil terdekat. Pukul 11.00 wib pelaksanaan evakauasi atau penyelamatan barang-barang milik korban selesai.

Komandan Posramil 0825/22 Licin, Agus Sugiarto menuturkan,”Tanah longsor yang menutupi sebagian jalan Dusun banyucindih tersebut sudah selesai dibersihkan, namun untuk jembatan ambrol yang berada di dusun karangsari untuk sementara ini belum bisa dilalui kendaraan jenis truk dikarenakan dibawah dan sisi tebing jembatan tersebut masih tergerus oleh air sungai dan di khawatirkan rawan longsor susulan,”ujarnya

Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P., M.I. Pol secara terpisah menyampaikan, melalui Babinsanya menghimbau agar warga terdampak longsor supaya tetap waspada dan hati-hati kalau-kalau terjadi longsor susulan dan hujan lebat, demi keamanan warga terdampak agar segera mengungsi ketempat saudara atau yang lebih aman, saat ini musim hujan sangat ekstrem, diharapkan seluruh warga selalu waspada dan hati-hati, kalau terjadi hujan lebat disertai angin segera saja cari tempat yang lebih aman,”tutur pria asal Semarang.

Langkah-langkah yang dilakukan anggota Posramil 22 Licin, Babinsa serta perangkat Desa yaitu melaksanakan pendataan kerugian akibat bencana tanah longsor yg mengenai rumah warga. Adapun kerugian 1 orang meninggal dunia, 4 orang korban luka dan 2 orang korban selamat. Kerugian material mengenai 2 rumah warga yakni rumah Bapak Poniran sekitar Rp. 75.000.000 dan rumah bapak bondan kerugian sekitar Rp. 25.000.000.

(Pendim/Rudi)

 191 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!