Sosialisikan Empat Pilar Kebangsaan, MPR Ajak Kuwu se-Kabupaten Cirebon Pahami dan Sosialisasikan ke Masyarakat.

Sosialisikan Empat Pilar Kebangsaan, MPR Ajak Kuwu se-Kabupaten Cirebon Pahami dan Sosialisasikan ke Masyarakat.

indopers.net, Cirebon.

Forum Komunikasi Kuwu Cirebon kuwu (FKKC) di Kabupaten Cirebon bersama para Kuwu se-kabupaten Cirebon. mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara, UUD Tahun 1945. Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI merupakan bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika semboyan Negara Indonesia. dibahas secara jelas dalam sosialisasi yang di gelar di hotel Swiss belhotel di Jl. Cipto Mangunkusumo kota Cirebon.

Kegiatan tesebut dihadiri Tim Kelompok 3 Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut terdiri dari Ir. Alimin Abdullah Kordinator Kelompok 3 dari Fraksi PAN DPR RI, DR. Ir. H E Herman Kharon Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat, drg Putih Sari Anggota DPR-RI dari Fraksi Gerindra, Aa Bagus Adhi Mahendra Putra Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar, Hj Aliyah Mustika Ilham Anggota DPR-RI dari Fraksi Demokrat, Andaru Djati Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon dan H. Deni Agusti selaku Kepala Bappenda Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutan bupati Cirebon yang diwakilkan Kadis Dpmpd Kabupaten Cirebon E. Rusmana membacakan sambutan Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi M.Si. dirinya mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar ini dan menurut Bupati sosialisasi empat pilar Kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat essential dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Dan, Kuwu merupakan sosok elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat kepada masyarakat.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial karenanya hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter..” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKKC Kuwu Muali desa Keraton mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan kerjasama MPR RI dan FKKC dengan Kuwu di kabupaten Cirebon yang diikuti Kuwu Se-kabupaten Cirebon. “Pihaknya berharap para Kuwu dengan perangkat dan lembaga desa dapat meneruskan materi sosialisasi serta memberikan pentingnya 4 pilar kepada masyarakat masing masing.

Kuwu Mualipun menegaskan NKRI berasal dari singkatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri dari Sabang sampai Merauke. NKRI berdiri sejak proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Jadi, nilai kebersamaan, gotong-royong, toleransi, kerukunan dan hidup merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan.

“Pancasila sebagai Ideologi Negara, seperti yang kita tahu Pancasila sendiri berasal dari dua kata Sansekerta, yakni Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asa. Kelima prinsip tersebut juga tercantum dalam paragraf Ke-4 Pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945,” Tandasnya.

Sedangkan DR. Ir. H E Herman Kharon Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat, menyampaikan acara sosialisasi empat pilar ini, pertama mengapresiasi dan menjelaskan tentang sejarah Pancasila serta Undang-Undang Dasar. “Memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu,” ungkapnya.

Menurutnya, Kuwu merupakan salah satu kunci penggerak informasi ke warga juga sebagai ujung tombak di masyarakat. Sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental warga desa.

Acara dilanjutkan tukar menukar cinderamata antara Ketua rombongan MPR RI dengan Bupati Cirebon serta kuwu kabupaten Cirebon.

(nurhari /Tim)

 180 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!