Pemkab Trenggalek Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden RI Secara Virtual

Pemkab Trenggalek Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden RI Secara Virtual

indopers.net, Trenggalek

Pemerintah Republik Indonesia menggelar upacara secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor dan Di Kabupaten Trenggalek sendiri, Wakil Bupati Syah Muhamad Natanegara beserta jajaran Forkopimda turut hadir mengikuti upacara tersebut dari Gedung Smart Center Trenggalek. Selasa (1/6/2021)

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut Presiden Joko Widodo, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak semakin ringan. Di era globalisasi yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas, termasuk rivalitas antar ideologi di mana ideologi transnasional cenderung meningkat memasuki lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan strategi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi langkap kontestasi ideologi, di mana interaksi antar dunia semakin mudah dan cepat. Hal itu tentu bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, baik semua kalangan maupun usia.

“Menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0,” tutur Presiden Joko Widodo.

“Dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an,” lanjut Presiden menegaskan.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju pungkasnya.

(Tier)

 197 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!