Diduga Kepala Desa Trebungan Situbondo dan Ketua BPD, Kebiri Honor Wakil Ketua BPD

Diduga Kepala Desa Trebungan Situbondo dan Ketua BPD, Kebiri Honor Wakil Ketua BPD

indopers.net, Situbondo

Diduga Honor wakil ketua BPD di kebiri oleh Ketua BPD dan Kepala Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan
Minggu 29 mei 2021. Wakil ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Trebungan Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo (ALI WIYISO) dengan suntak melakukan pengaduan ke Lembaga Laskar Merah Putih.

Pengaduan tersebut di inisiasi akibat honor BPD di duga “dikebiri” oleh Ketua BPD dan Kepala Desa

Menanggapi pengaduan tersebut, Ketua Umum Lembaga Laskar Merah Putih (Abd.Muis) mengaku, sangat mendukung jika ada pengaduan dari wakil ketua BPD atau pun masyarakat terhadap penyimpangan yang dilakukan oleh Ketua BPD dan Kepala Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan.

Namun katanya, harus prosedural dengan memberikan pengaduan secara tertulis dan melampirkan bukti-bukti awal serta identitas pengadu sebagai dasar untuk ditindaklanjuti atau dengan harus bisa memberikan keterangan sejelas jelas mungkin.

“Namun, Perlu dipahami setiap pengaduan tidak bisa langsung hari itu juga di tindaklanjuti, perlu kami pelajari dan butuh waktu juga karena keterbatasan tim lembaga kami serta banyaknya pengaduan yang masuk,” kata Abd Muis minggu (29/05/2021).

“Kami akan segera alan menindaklanjuti adanya pengaduan tersebut untuk di lakukan klarifikasi terhadap Ketua BPD Desa Trebungan., ujar Abd Muis.

Sementara itu, Wakil ketua BPD Desa Trebungan (Ali Wiyoso) sangat menyayangkan sekali atas tindakan Ketua BPD dan Kepala Desa karena di anggap tidak prosudural, hal tersebut terjadi Sebab, tunjangan dan operasional itu merupakan hak BPD yang wajib diberikan secara utuh tanpa adanya potongan apapun, imbu Ali wiyoso

Menurutnya honor Wakil ketua BPD yang seharusnya harus terealisasi Rp. 700.000 per bulan x 5 bulan dengan jumlah nominal beasaran Rp. 3.500.000, akan tetapi setelah di lakukan pengecekan di ATM hanya terdapat besaran Rp. 2.500.000, Jadi ada kekurangan Rp. 1.000.000, setelah kami menghubungi Ketua BPD Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan Hasan Zein menurutnya sudah ada koordinasi dengan Kepala Desa, hal ini sangat di sayangkan dikarenakan koordinasi tersebut tanpa melibatkan kami selaku wakil ketua BPD, dan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, tau tau honor wakil ketua BPD di kebiri dengan alasan tidak jelas, tak hanya itu saja, kedudukan wakil ketua BPD oleh Ketua BPD dan Kepala Desa secara diam-diam di alihkan ke anggota BPD lainnya, pertanyaan kami apakah peralihan kedudukan sudah sesuai dengan aturan yang ada, dan apakah atas adanya potongan honor BPD juga sudah mengikuti aturan. Kami kira TIDAK, ujar Ali wiyoso.

“Harusnya kalau sesuai Perbup itu kan tunjangan wakil ketua BPD sebesar Rp.700.000 per bulan atau Rp 3.500.000 selama lima bulan, namun yang saya terima kemarin saat pencairan ADD untuk lima bulan hanya Rp 2.500.000 Nah yang Rp. 1000.000 itu dikemanakan, menurutnya pemotongan tersebut sangat lucu dan lucu” tutur Ali wiyoso

“Sayapun telah menanyakan kepada ketua BPD Desa Trebungan terkait hal ini, namun dia menjawab bahwa sudah ada koordinasi dengan Kepala Desa Trebungan. Sepertinya atas adanya pemotongan honor wakil ketua BPD yang di lakukan oleh Ketua BPD (Hasan Zein) ada dugaan kuat kongkalikong dengan pemerintah desa, utamanya Kepala Desa Trebungan, hal ini perlu diluruskan lagi agar tidak terkesan hal hal yang tidak diinginkan di mata masyarakat, khususnya warga Desa Trebungan.

Jika kami melihat hal persoalan tersebut yang mana oknum ketua BPD telah di duga kuat melakukan perbuatan melawan hukum, dan perlu untuk di lakukan pengaduan resmi baik kepada Pemerintah Kabupaten maupun kepada pihak aparat penegak hukum wilayah Kabupaten Situbondo untuk mendapat suatu bentuk kepastian hukum tetap, imbu ketum laskar merah putih.

( Rudi )

 507 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!