Seorang Kades Dan Kroninya di Rembang Jawa Tengah Dipenjara Kasus Korupsi Proyek Embung Desa.

Seorang Kades Dan Kroninya di Rembang Jawa Tengah Dipenjara Kasus Korupsi Proyek Embung Desa.

indopers.net, Rembang

Tersangka kasus tindak pidana korupsi Embung Gegersimo, Pamotan (Tipikor) sudah di tahan. Berkas perkara akan diserahkan kepada penuntut umum.

Kasus ini mencatut Kepala Desa Gegersimo SL, Sekretaris Desa SM, dan dua orang supplier berinisial SR dan HD. Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Rembang Leo Rinanta mengatakan keempat tersangka itu sudah ditahan mulai (10/3/2021).”Ya benar (sudah ditahan semuanya,Red),” katanya saat dikonfirmasi indopers.net kemarin.

Tersangka korupsi proyek senilai Rp 200 juta yang bersumber dari dana bantuan provinsi itu ditahan di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Rembang. Setelah penahanan ini, lanjut Leo, berkas akan diserahkan kepada penuntut umum.

“Terhitung mulai 10/3/2021 (penahanan tersangka, Red) di Rutan Rembang. (Selanjutnya) Pemberkasan dan penyerahan berkas perkara ke penuntut umum,” imbuhnya.

Penyelidikan kasus itu dimulai ketika Kejari Rembang mendapatkan informasi adanya embung yang ambrol. Setelah ditindaklanjuti, ditemukan adanya unsur tindak pidana korupsi.

Embung ini terletak di tengah area persawahan. Jika hendak ke sana harus melewati jalan pematang sawah. Diantara padi-padi. Kondisinya berair. Bagian bekas ambrol itu nampak di sebelah timur kanan dan kiri.

Diberitakan indopers.net sebelumnya, anggarannya Rp 200 juta. Bersumber dari bankeu Provinsi Jawa Tengah. Kemudian swadaya masyarakat Rp 2 juta. Embung itu dibangun dengan panjang sekitar 30 meter. Lebarnya 30 meter dengan kedalaman empat meter.

Perkara itu kemudian ditingkatkan ke penyidikan dan ditetapkan empat orang tersangka tadi. Embung tersebut juga sempat ambrol sekitar Januari lalu. Terkait adanya temuan pada spesifikasi pembangunan, hal tersebut masih sebagai materi penyidikan.

Terkait dengan kerugian negara yang diakibatkan dari dugaan tersebut juga masih belum bisa disampaikan hingga kemarin. Atas dugaan itu, empat orang tersangka tadi terancam hukuman 20 tahun penjara.

(wan)

 362 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!