Peringatan Isra Mi’raj di Tengah Pandemi, Ini Yang di Lakukan Oleh Warga Perumahan Puri Matahari Sampang.

indopers.net, Sampang

Peringatan Isra Mi’raj merupakan momen penting dalam sejarah umat Islam. Pasalnya, pada hari Kamis 11 Maret 2021 atau 1442 Hijriah, Nabi Muhammad SAW (Rasulullah) diyakini menerima perintah dari Allah tentang kewajiban menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Setiap tahun, umat Muslim memperingati Isra Mi’raj. Tahun 2021 kali ini, momentum peringatan Isra Mi’raj 1442 Hijriah di Perumahan Puri Matahari, Kelurahan Karangdalam, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang ,Jawa Timur. digelar di lingkungan Masjid Al Muhajirin penuh hikmah dan semarak dengan alunan takbir, sholawat, dengan diakhiri tausyiah Isra Miraj.

Sudah jadi kegiatan rutinan dalam meningkatkan ibadah dengan memperingati Isra Miraj Nabi Muhamad SAW. Sebagian umat Muslim di sejumlah daerah dengan serentak memperingati Isra Mi’raj dengan melakukan kegiatan islami maupun kegiatan tradisi unik yang dipadukan kearifan lokal.

“Alhamdulillah, Jumat (12/03/21) malam, Para jama’ah Perumahan Puri Matahari dan para masyarakat dari luar lingkungan perumahan puri matahari bisa berkumpul dalam rangka peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW 1442 Hijriah. Meskipun sifat tradisi ini hanya perayaan dan simbolis, kegiatan ini memiliki makna tradisi peringatan Isra Mi’raj yang bermakna bagi umat Islam,” kata Ketua RT 05/ RW 02, Sutardjo, S.Pd saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Sabtu (13/03/21).

Biasanya, kata Sutardjo, pelaksanaan tradisi isra mi’raj itu disesuaikan dengan budaya atau pun kebiasaan masyarakat setempat, seperti halnya pawai obor dengan cara menelusuri jalan lingkungan Perumahan, kampung maupun desa sekitar komplek perumahan puri matahari, Namun peringatan isra miraj tahun ini, kondisi ditengah pandemi Covid-19, ada perbedaan dalam peringakat yang mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk menekan penyebaran virus Corona.

“Tradisi unik peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad di kabupaten sampang, bahkan di komplek perumahan kami ada tradisi unik peringatan Isra Mi’raj yaitu tradisi Pawai Obor. Dengan kondisi pandemi, tanpa menghilangkan momentum yang bermakna, Isra mi’raj di kami diadakan dengan silaraman rohani dan sholawat. Alhamdulillah bisa memperkokoh silaturahmi dengan sesama muslim di sekitar tempat tinggal,” tandas Sutardjo.

Acara ini juga di hadiri oleh beberapa tokoh-tokoh agama yang ada di kabupaten sampang, seperti KH. Khosin Nur, Ust. Abdul Aziz, SE ,KH.Ach Mansyur, Ust.Ach Junaidi, S.Pd dan KH. Makmun Ali. serta warga perumahan puri matahari menyambut dengan gembira dengan penuh hikmat.

Mudah mudahan dengan diadakan acara isra’ miraj tahun ini bisa meningkatkan ketaatan beribadah serta selalu berdoa agar musibah pandemi Covid 19 ini segera berakhir, pungkas Sutardjo.

(giru)

 611 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!