Kelurahan Karangdalam Kecamatan Sampang, Kedatangan Tim Penilai Lomba Kebersihan Tingkat Provinsi

Kelurahan Karangdalam Kecamatan Sampang, Kedatangan Tim Penilai Lomba Kebersihan Tingkat Provinsi

indopers.net, Sampang

Kelurahan bersih dan lestari (Berseri) merupakan kegiatan untuk memacu pengelolaan lingkungan yang berbasis partisipasi pemerintahan kelurahan beserta aparaturnya dan masyarakat di tingkat RT/ RW, yang didukung oleh kader-kader lingkungan di masing masing kelurahan.

Kelurahan Karangdalam, Kecamatan Sampang, sendiri tahun ini mewakili Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur untuk bisa maju dalam penilian kategori Pratama dan bersaing dengan 38 kabupaten Serta kelurahan seluruh Jatim.

“Program Desa (Berseri) juga sebagai program pusat dalam menciptakan masyarakat Karangdalam bisa cinta terhadap lingkungan yang bersih dan bisa menang dalam program berseri di tingkat Provinsi Jatim ini,” ujar Nur Holis, S.Sos, MM Lurah Karangdalam Sampang, Senin (8/3/2021).

Adapun dua kelurahan di Kabupaten Sampang yang di refrensikan oleh DLH Kabupaten Sampang untuk melakukan penilaian dari Provinsi Jatim, diantaranya Kelurahan Karangdalam dan Desa Jrangoan.

“Penilaian ini memang adanya usulan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang untuk bisa dinilai dalam kategori Pratama,” pungkas Tim dari DLH Kabupaten Sampang pakTris.

Ketika Tim Penilai datang langsung disambut oleh ibu-ibu PKK dengan Yel-yel dan tarian selamat datang yang diiringi oleh musik dug-dug yang dimainkan oleh para siswa binaan Kelurahan Karangdalem.

“Partisipasi dari masyarakat sangat antusias sekali dengan tadi sambutan yang diberikan oleh warga dan salah satu kriteria penilaian yang diberikan itu dengan adanya Yel-yel,” ungkap Nur Holis.

Salah satu program Pemerintah Provinsi Jatim di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran warga dan menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat Kelurahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud kelurahan yang bersih, sehat, lestari dan asri.

“Memang dengan adanya program ini dan penilaian ini tahun 2021 kita bisa bebas dari sampah bukannya sampah yang bebas kemana-mana,” tuturnya.

Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dengan dengan melihat masing-masing komponen pada lomba Kelurahan Berseri diantaranya Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sumber Daya Alam.

(giru/ rusman)

 967 total views,  2 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!