BUPATI TULUNGAGUNG, BUKA FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH RKPD KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2022

BUPATI TULUNGAGUNG, BUKA  FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH RKPD KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2022

indopers.net, Tulungagung

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM Membuka Acara Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tulungagung Tahun 2022 di Hotel Crown Victoria, Kamis,11/2/2021

Bappeda Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tulungagung Tahun 2022 dengan menerapkan protokol pencegahan covid 19 secara ketat dan dilaksanakan secara kolaborasi offline dan online via zoom meeting.

Acara dibuka oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Tulungagung, Kepala Perangkat Daerah, Camat, LSM, Organisasi Masyarakat dan steakholder terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Tulungagung tahun 2022. Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 18 Maret 2021. 

“Dengan adanya kegiatan konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh steakholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan, serta merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD), yakni sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS),” kata Bupati Maryoto.

Disampaikan pula, bahwa menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Keuangan RI untuk penanganan Pandemi Covid 19, pada tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan segera melaksanakan realokasi dan refocusing Dana Alokasi Umum dan atau Dana Bagi Hasil sebesar 8 %. Sehingga diharapkan refocusing ini difokuskan pada belanja yang tidak mendesak/ dapat ditunda/ dibatalkan. Selanjutnya dalam penyusunan RKPD tahun 2022 ini, diharapkan akan dilaksanakan dengan lebih cermat, terintegrasi dan memperhatikan :

Penentuan program dan kegiatan harus bersifat QUICK WIN (yang menyentuh masyarakat secara langsung);

Melakukan efisiensi pada belanja pemerintah dengan memprioritaskan pada belanja-belanja yang bersifat wajib;

Peningkatan investasi di daerah dalam upaya mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mencari sumber-sumber pembiayaan lain dengan pola Public Private Partnership (PPP);

Percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang mendukung pusat-pusat ekonomi/industri dan infrastruktur perdesaan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan.(lgeng)
 

 202 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!