Pemerintahan Kabupaten Muara Enim Diambil alih Provinsi

Pemerintahan Kabupaten Muara Enim Diambil alih Provinsi

indopers.net, Muara Enim

Untuk mengatasi kekosongan kekuasaan di pemerintahan Kabupaten Muara Enim, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (HD) menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim.

Penugasan Nasrun sebagai Plh Bupati menyusul ditahannya Bupati Muara Enim H Juarsah SH oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (16/2) petang.

Hal ini disampaikan Gubernur dihadapan wartawan di Griya Agung. Setelah Plt Sekda Muara Enim Drs H Emran Tabrani bersama Asisten II H Riswandar SH MH, Asisten III Mariyana dan Kepala BKPSDM Harson Sunardi SAP MSi menemui langsung orang nomor satu di Bumi Sriwijaya agar program roda pemerintahan tetap berjalan.

Menurut Deru, pasca ditahannya Bupati Muara Enim Juarsah oleh KPK, maka otomatis terjadi kekosongan kekuasaan di jajaran Pemkab Muara Enim. Hal ini disebabkan Juarsah belum memiliki wakil bupati ataupun sekretaris daerah yang defenitif.

Untuk itulah pihaknya memastikan akan mengambil alih jalannya pemerintahan di Bumi Serasan Sekundan dengan menunjuk Sekda Provinsi sebagai Plh Bupati. “Penunjukan Sekda Pemprov Sumsel sebagai Plh sebagai perpanjangan tangan (Pemprov) untuk mengurus pemerintahan Kabupaten Muara Enim,”kata Deru.

Deru mengaku tak punya opsi lain dengan mengambil langkah tersebut. “Kalau ada wakil bupati, wakilnya malam ini saya Plh kan, ini kan belum ada, Sekdanya juga demikian. Makanya Gubernur ambil alih,”ucapnya.

Deru menuturkan Nasrun akan mengisi jabatan Plh Bupati sambil menunggu status jabatan Bupati Muara Enim Juarsah dari Mendagri apakah nanti dinonaktifkan atau diberhentikan sementara.

Jika nantinya status Juarsah dinonaktifkan, maka menurut Herman Deru, dirinya akan mengajukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim. “Kalau benar kemudian status Juarsah dinonaktifkan maka saya tunjuk Plt. Nah untuk Plt ada aturan misalnya harus eselon II dan sebagainya,”jelas Deru. (Febri)

 220 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!