Pembentukan Satgas Penanganan Covid- 19 Tingkat Desa Tahun 2021

Pembentukan Satgas Penanganan Covid- 19 Tingkat Desa Tahun 2021

indopers.net, OKU

Gugus tugas percepatan penanganan Virus corona disease 2019 ini dibentuk pada 13 Maret 2020 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan berada di bawah serta bertanggung jawab langsung pada presiden Indonesia.

Gugus tugas ini berada dalam lingkup Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dengan melibatkan kementerian, lembaga, dan unit pemerintahan lain seperti Kementerian Kesehatan, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia, dan pemerintah di daerah. 

Adapun Gugus tugas ini dibentuk tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Kecamatan,dan Desa,ini telah diadakan Musyawarah Pembentu kan satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid- 19 Tingkat Desa tahun 2021,yang di ketuai oleh kepala desa penantian Abdul Manan. pada senin 15/2/21 Di desa Penantian Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Hadir dalam musyawarah tersebut diantaranya Bhabinkamtibnas, Babinsa,perangkat desa  dan para undangan yang hadir.

Menurut penjelasan dari Ketua Satgas penanganan Covid-19 desa Penantian ” Satgas ini di bentuk agar supaya Untuk memudahkan koordinasi jika ada warga desa yang terindikasi ataupun Orang Tanpa Gejala (OTG). Dilakukan penanganan selanjutnya di bawa ke rumah sakit dengan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Juga sebagai pencegahan dengan cara penyemprotan disinfektan di rumah warga,Serta sebagai edukasi bagi warga dalam menerapkan protokol kesehatan” tutur ketua satgas.

“Lebih lanjut,dalam hal ini Kepala Dusun (KADUS) juga ikut andil dalam tugas satgas,berdasarkan musyawarah kepala dusun ini juga sebagai ketua satgas tingkat dusun,Jadi jika nantinya,apabila ada warga dusun terdindikasi yang positif Covid-19 sebelum melapor ke ketua Satgas Desa hendaknya berkomunikasi lebih dahulu dengan kepala dusun (Kadus).tutur kepala desa penantian juga sebagai ketua satgas Desa.

(subrians).

 261 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!