Gapoktan Marsudi Tani Desa Pangkur Ngawi, Adakan Gladak Tikus.

indopers.net, Ngawi

Dalam rangka mengurangi hama tikus gapoktan ( habungan kelompok tani ) marsudi tani desa Pangkur kecamatan pangkur kabupaten Ngawi Jawa timur pada hari ini rabu tanggal 13 januari 2021 bertempat di sawah desa pangkur mengadakan kegiatan gladak tikus.

Kegiatan ini serentak yang dihadiri oleh forkompimcam kecamatan pangkur dan para petani dan bergotong royong dengan desa desa yang lain, karena tikus merupakan hama yang paling ditakuti oleh petani.

Gladak tikus yang diadakan itu mendapat himbauan dari bapak bupati Ngawi yang diteruskan lewat camat pangkur dan itupun didanai dari dana DD.

Sebelum kegiatan gladak tikus pak camat pangkur yang akrab dipanggil pak Hasto itu menyampaikan atau memberi saran agar para petani giat gladak tikus sewaktu waktu agar pada musim ke dua tikus tidak merajalela.

Dan tak kalah pentingnya, para petani tidak boleh pasang aliran listrik untuk mejebak tikus karena aliran listrik sudah banyak memakan korban, padahal dalam KUHP pasal 359 berbunyi kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal dunia di ancam hukuman dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun, tuturnya.

Makanya beliau juga mewanti wanti atau pesan kepada para petani agar setelah ada perbup tentang gladak tikus jangan ada yang masang jebakan tikus pakai aliran listrik pungkasnya, Kades desa pangkur juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk para petani yang hadir dalam acara gladak tikus yang diadakan oleh Gapoktan, berarti para petani sudah sadar setrum atau aliran listrik bahaya untuk jebakan tikus, disamping itu mbah lurah panggilan akrabnya kades, bisa mengajak kepada para petani untuk terus melakukan kegiatan gladak tikus walaupun tidak ada program atau gladak secara mandiri. ( rin )

 378 total views,  2 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!