Program Padat Karya Tunai Dana Desa 2020, Normalisasi Saluran Air Pertanian Desa Lawanganagung Lamongan.

indopers.net, Lamongan

Dalam menjalankan program pemerintah di bidang pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa DD, pemerintah Desa Lawanganagung, Kecamatan Sugio, kabupaten Lamongan, mengadakan Program Padat Karya Tunai, Normalisasi Saluran Air Pertanian Dana Desa 2020, Senin (9/11/2020).

Program Padat Karya Tunai (PKT) juga bertujuan untuk mengentas kesulitan ekonomi masyarakat desa di tengah pandemi covid 19 saat ini, serta merupakan program yang tetap harus ada dan dijalankan oleh pemerintah pusat sampai daerah. Tak terkecuali pemerintah Desa sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Salah satu program yang dapat mendukung upaya tersebut salah satunya adalah Program Padat Karya Tunai (PKT). Dalam program ini masyarakat diajak untuk berdaya dalam kegiatan pembangunan Desa.

Desa Lawanganagung Kecamatan Sugio, Program Padat Karya Tunai (PKT) dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 November 2020 dengan kegiatan normalisasi dan perbaikan saluran air pertanian.

Kegiatan ini dipilih dengan harapan bahwa manfaat dari kegiatan tersebut dapat langsung dirasakan baik masyarakat peserta program maupun masyarakat petani secara luas mengingat lahan pertanian produktif di Desa Lawanganagung masih tergolong luas.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti sekitar 241orang pekerja dari petani dan warga masyarakat Lawanganagung serta dihadiri seluruh unsur Pemerintahan Desa Lawanganagung.

Hadir dalam kegiatan ini dari unsur masyarakat, Warga dan perangkat Desa BPD sebagai pengawas Tim Pelaksana (Timlak) sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam kegiatan desa binaan. Kegiatan ini menyerap anggaran dari Program Dana Desa tahun anggaran 2020. Dengan Target volume/ukuran: panjang saluran 330 m X lebar 60 cm X kedalaman 60 cm, dengan anggaran biaya Rp, 20,000,000,- kurang lebih dalam masa waktu pengerjaan 3 hari kerja.

Salah satu tokoh warga lawanganagung yang bernama Ach. Murtoyani (52) mengatakan dengan adanya program padat karya ini sangat membantu warga desa, dan murtoyani mengatakan.” Dengan adanya (PKT) Normalisasi pengairan sangat memperlancar pengairan yang ada di Desa Lawanganagung, sehingga arus air bisa lancar, disamping itu program (PKT) sangat dinantikan semua warga karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan di tengah musibah Covid 19 , Ucapnya.

Dan tokoh masyarakat ini juga menyampaikan rasa terima kasih sebesar besarnya kepada bapak presiden jokowi, bapak menteri desa dan kepada bapak Suisno selaku lurah desa lawanganagung kecamatan Sugio, kabupaten lamongan, ungkapnya jelas.

(Jk)

 471 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!