TRADISI MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI CAMPLONG

indopers.net, Sampang

Warga Madura pada umumnya jika memasuki bulan Rabiul Awal (Maulid Nabi) beramai-ramai untuk menyambut kedatangan bulan baik itu. Mulai dari ujung barat pulau Madura yakni Bangkalan sampai Ujung timur sumenep merayakan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Ada beberapa model dalam memperingatinya dari tempat satu ke tempat yg lainnya. Contohnya salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Sampang tepatnya di Kecamatan Camplong Desa Prajjan dalam memperingati maulid nabi Muhammad SAW selama 3 bulan penuh dan hampir di setiap rumah merayakannya mulai dari perayaan kecil-kecilan hingga ada yang sampai menghabiskan biaya puluhan juta rupiah.

Menurut salah seorang warga KH. Mustofa mengatakan bangga karena bisa melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahun walaupun bukan hal yang diwajibkan namun beliau menahbahkan dengan melaksanakanya supaya kita lebih mengenal dan mencintai sosok seorang Pemimpin Ummat islam yaitu Nabi Muhammad SAW yang mana beliau sudah memperkenalkan AL-QUR’AN kepada ummatnya.

Momen besar Maulid Nabi Muhammad SAW juga di akui oleh pemerinttah yang menetapkan pada tahun ini jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020 sebagai hari libur bersama. Bersamaan dengan itu momen ini menjadi suatu kebanggaan bagi kalangan santri karena libur maulid sehingga bisa merayakan bersama keluarga.

Lain tempat lain pula pelaksanaan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW. Di camplong tepatnyya desa prajjan ada sebuah perayaan yakni SHOLAWATAN yang biasanya dilaksanakan malam hari sebelum pelaksanaannya. Yang mana sholawatan ini dilakukan oleh banyak orang dengan lantunan suara merdu dan di iringi bunyian alat musik baik berupa aransemen dangdut, gambus, koplo. Uniknya sampai larut malam bisa-bisa berhenti sampai jam 00.00.

Seperti tradisi pada umumnya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di desa Prajjan Kecematan Camplong mengumpulkan beberapa orang tetangga, kerabat, dan family untuk bersholawat dan berdo’a bersama yang mana dipimpin oleh seorang Kiai dan kemudian mendapatkan nikmati makanan yg sudah disediakan dan bingkisan untuk di bawa pulang.

(Giru/ftr)

 373 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!