Tolak RUU Omnibus Law, Puluhan Ormas Surabaya Turun Ke Jalan

indopers.net, Surabaya

Puluhan Massa dari Ormas yang berada di kota surabaya, gresik dan sidoarjo turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya. Pergerakan Mahasiswa, buruh, petani dan nelayan menggelar demo di jalan pahlawan surabaya yg berdekatan dengan kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kamis (24/9/2020). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap RUU Omnibus Law.

Aksi tersebut sempat diwarnai kericuhan antara pendemo dan aparat kepolisian yang menjaga jalannya demo. Sejumlah mahasiswa didatangi petugas dan dibawa menuju pinggir jalan. Bahkan, di antara mereka sempat diamankan oleh aparat, namun kembali dilepaskan.

Menurut pendemo, RUU tersebut memang merugikan buruh dan pelajar.

Namun sayang, tuntutan pendemo untuk bertemu salah satu anggota dewan perwakilan rakyat daerah untuk menyampaikan aspirasinya sangat alot. Akibatnya, para demonstran kecewa dan melakukan pemblokiran di Jalan.

Akibat aksi pemblokiran jalan itu, Aparat Polresta kota surabaya yang mem-back up jalannya demo, langsung menarik mundur para mahasiswa yang berusaha menutup jalan protokol tersebut.

Saat pendemo memblokir jalan, kemacetan tidak dapat dihindarkan. Sejumlah pengendara motor terlihat nekat naik ke trotoar untuk menerobos kemacetan.

Sementara itu, Korlap Aksi, mengungkapkan, aksi ini merupakan bentuk kekecewaan terhadap pemerintah pusat yang ingin mengesahkan RUU Omnibus Law.

Menurutnya, RUU Omnibus Law syarat akan kepentingan pemodal. “Kalau RUU tersebut disahkan, maka pemutusan hubungan kerja (PHK) makin dipermudah. Selain itu, nilai upah akan berkurang karena upah minimum kabupaten (UMK) dihilangkan, dan mencabut semua saksi pidana bagi pengusaha jadi saksi administrasi,” ungkapnya.

“Kami akan terus lakukan aksi sampai tuntutan dipenuhi,” sambungnya.

Usai melakukan unjuk rasa di jalan pahlawan surabaya, pendemo kemudian melanjutkan aksinya di depan Kantor DPRD Surabaya dengan tuntutan yang sama, yakni tolak RUU Omnibus Law. (Fwaid)

 260 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!