Pembangunan LAB Bahasa Dana DAK SMAN1 Rebang Tangkas Tahun 2020 Disinyalir Syarat Korupsi.

indopers.net, Way Kanan

Kepala sekolah SMA N 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan diduga kuat melakukan tindak pidana korupsi anggaran alokasi DAK tahun 2020 untuk pembangunan satu unit lokal LAB Bahasa di sekolahnya.

Pasalnya, dalam pekerjaan gedung LAB Bahasa itu, di dapati tukang tidak mengikut petunjuk teknis kontrak kerja sepenuhnya.

Salah satu contoh, ditemukan para tukang di lapangan yang mengakui tidak memegang gambar gedung sesuai petunjuk teknis kontrak kerja DAK 2020 tersebut. Sehingga, kuat diduga mulai dari pekerjaan galian pondasi, pembelian kayu kusen, ukuran besi dan kualitas matrial bangunan lainya asal-asalan.

“Saat di tanyakan gambar gedung para tukang mengaku tidak memegangnya hanya pernah liat sebelum menyanggupi proyek DAK tersebut oleh Kepala Sekolah,”ujar Rahmat, ketua Umum BARA JP Way Kanan usai memantau pembangunan di SMAN1 Rebang Tangkas tersebut, Rabu (3/9/2020).

Rahmat, menambahkan, melihat pagu anggaran yang ada. Bahwa LAB Bahasa itu dialokasikan dana DAK 2020 sebesar Rp222.011.000

“Kita akan Surati Kejaksaan Negeri Blambangan Umpu Atau Ke Kejati Lampung Langsung dan Tembusan ke Dinas Pendidikan Provinsi untuk mengaudit dan mengecek pembangunan DAK 2020 SMA N1 Rebang Tangkas yang kuat diduga syarat korupsi,”tegasnya.

Selain Pembangunan LAB Bahasa, Rahmat juga mendapati dugaan penyimpangan juga pada anggaran DAK rehap kantor guru SMA N1 Rebang Tangkas 2020.

“Dimana tahun 2019 ruang kantor guru itu sudah di rehap. Namun 2020 ini masih juga di rehap kembali dengan pagu anggaran Rp207.010.000,”sindirnya, seraya mengatakan, dengan pagu itu jelas banyak sekali anggaran yang tidak terserap untuk pembangunan atau di selewengkan oleh sang Kepsek sendiri.

“Dana dua ratus tujuh juta rehap itu hanya membongkar keramik, mengganti beberapa kusen jendela dan pembangunan dinding . Bisa kita hitung sendiri pengeluaran biaya belanja barang tersebut dari nilai pagu sendiri,”pungkasnya. (Rahmat Tim)

 443 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!