Kebun Jambu Mete di Desa Tambak Pocok dan Desa Bumi Anyar, Kecamatan Tanjung Bumi Jadi Agrowisata di Bangkalan

indopers.net, Bangkalan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus berupaya mengembangkan sektor pertanian untuk menjadi agrowisata. Salah satunya dengan mengembangkan kebun Jambu Mete di Desa Tambak Pocok dan Desa Bumi Anyar, Kecamatan Tanjung Bumi.

Kebun Jambu di dua desa itu terbilang cukup luas. Terhitung ada 93 pohon jambu yang berdiri diatas lahan seluas 53,49 hektar di desa Tambak pocok. Sementara ada 60 pohon di desa Bumi Anyar dengan luas 46,55 Hektar.

“Bahkan direktorat jenderal perkebunan telah menetapkan jambu mete disana sebagai Pohon Induk terpilih,” Kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan Ir Puguh Santoso, Jumat (14/8/2020).

Puguh Santoso menjelaskan, bibit kebun jambu mete di dua desa tersebut sudah ditabur sejak tahun 1980 oleh Pemerintah. Kemudian dikembangkan oleh Kelompok Tani (Poktan) binaan Dispertapahorbun sehingga berkembang seperti saat ini.

“Yang di Tambak Pocok itu milik Poktan Gotong Royong. Sedangkan yang di Bumi Anyar Poktan Suka Naju,” imbuhnya.

Puguh menambahkan hasil perkebunan jambu mete di duas desa itu telah lama dipasarkan, baik di pasar lokal maupun regional.

“Konsumsi sering kali meningkat jelang hari besar agama biasanya. Maka kita juga dorong agar produk mete ini terus berkembang baik dari kemasannya dan jangkauan pasarnya,” tutupnya. (Hms/Rofi)

 402 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!