Nguri nguri/ ( bersih desa ) Adat Jawa Dusun Sambiroyong Desa Pangkur, Budaya Yang Harus Dilestarikan.

indopers.net, Ngawi

Nyandran/bersih desa yang biasa disebut oleh masyarakat adalah salah satu tradisi budaya adat Jawa, berupa slametan dipunden / dimakam berupa memberikan sesaji kepada Danyang dusun tersebut.

Bersih desa dilakukan setiap tahun dan di laksanakan disetiap dusun seperti di dusun sambirobyong desa pangkur kec pangkur kab Ngawi.
Selain adat Jawa yang kental disebut nyadaran oleh warga setempat selain sebagai tradisi yang dilakukan setiap tahun, bersih desa / nyadaran bertujuan mempererat tali silahturahmi atau kebersamaan antar warga masyarakat dan menghilangkan sikap individualisme.

Bersih desa / nyadran adalah adat istiadat budaya Jawa yang harus dilestarikan oleh kaum muda, agar budaya yang Adi luhung tidak mengubah tradisi yang baik yang sudah berjalan puluhan tahun karena era globalisasi.

Disamping itu diacara bersih desa / nyadran diadakan kegiatan kegiatan spiritual diantaranya pengajian umum ( kataman ) Al Qur’an disetiap masjid yang ada di dusun sambirobyong guna mengimbangi atau pertanda jaman sudah modernisasi dan antara agama dan adat agar bisa selaras.

Disamping pengajian kata pak wo dsn sambirobyong masih ada adat Jawa yg harus terpenuhi yaitu tari gambyong setelah kenduri / slametan di punden / sendang ungkapnya. ( Rin )

 827 total views,  2 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!