Cabup dan Cawabup OKU Eddy yusuf – Helman Tetap Optimis Maju di Pilkada Mendatang

indopers.net, OKU

H.Eddy Yusuf.SH.MM mantan wakil Gubernur sumatera selatan(sumsel) Hampir dipastikan dapat mengikuti Ajang Pilkada sebagai calon Bupati Ogan komering ulu (OKU) Berpasangan dengan Ir.H.Helman.MM

Pasalnya,seorang advokat Hairil Syah telah memenangkan uji materi Peraturan KPU (PKPU) No 3/2017 yang semula melarang mantan gubernur atau wakil gubernur menjadi calon bupati yang kedudukannya lebih rendah dari jabatan sebelumnya.

Dalam jumpa pers di rumah kediaman Cabup,di kemelak jln A.Yani Bindung langit Km 7 Baturaja yang dihadiri puluhan awak media,pada Rabu 22/7/20.

Cabup Eddy Yusuf juga menghadirkan Advokat/pengacara Hairil Syah.Sh yang mengajukan uji materiil PKPU No 3/2017 sehingga pasal yang melarang mantan gubernur/wakil gubernur dengan sendirinya tidak berlaku lagi.

“Lebih lanjut”, Menurut Hairil syah,hal tersebut berdasarkan uji materi yang disampaikan pada kasus pencalonan Pilkada Bupati Asahan Sumatera Utara (SUMUT)dan  Mahkamah Agung RI mengabul kan permohonan keberatan hak uji materiil dari kliennya, yakni Nurhajizah yang maju dalam Pilkada Bupati Asahan.

Dari putusan Mahkamah Agung (MA) RI tersebut ada satu poin penting yaikni Bupati Kabupaten Asahan juga mantan gubernur Sumut diperbolehkan untuk mengikuti Pilkada Bupati.
“Artinya Dengan Demikian hal tersebut juga berlaku terhadap calon lainnya di 514 kab/kota se-Indonesia,” jelas Hairil.
“Lanjutnya,.
Dalam keputusan MA RI tersebut  menyatakan Pasal 4 Ayat (1) huruf p angka 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Junto Pasal 4 Ayat (1) huruf p angka 2 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017, tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Terhadap hasil putusan uji materiil yang ditetapkan MA RI, kami pun sudah menyampai kan surat kepada KPU Kabupaten OKU dan KPU RI agar mengkoreksi kembali atas ketetapan PKPU No 1/2020, tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 3/2017 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Surat kepada KPU RI untuk segera mengkoreksi kembali putusan itu,”terang Hairil.

“Ditempat yang sama.
Eddy Yusuf dengan tegas mengatakan tak ada lagi keraguan atas pencalonan saya menjadi calon Bupati ogan komering ulu (OKU).“Saya  juga minta kepada masyarakat kita ini dicerdas kan karena mereka berhak untuk menentukan siapa calon pemimpin yang mereka inginkan nantinya. “Terang,Edy Yusuf.

Dia juga  menambahkan, saat ini sudah ada dua partai yang mengusung nya,yaitu Partai Hanura ada 4 kursi dan PKB 3 kursi,dan Itu sudah mencukupi syarat.”ujarnya. (subrians)

 382 total views,  2 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!