Terkait Pengeboran Air Ilegal,Warga Karangbandung Adukan Ke Polres Brebes

indopers.net, Brebes

Puluhan warga Desa Karangbandung Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes yang di dampingi kuasa Hukumnya dan Ormas Gema Berhias datang dan adukan pengusaha sumur bor komersil ke Polres Brebes Rabu 15/07/20.

Menurut Ahmad Soleh SH.ketika di jumpai di kantornya Jln Tentara Pelajar RT 06/01 No 08.Limbangan Kulon Brebes membenarkan ,bahwa kasus tersebut sudah memenuhi unsur melakukan pelanggaran terhadap pasal 69 ayat 3 huruf b dan c Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air. Perkaranya adalah penggunaan hak air tanah tanpa izin yang dilakukan oleh Sail 47 tahun Warga Desa Karangbandung yang melakukan eksplorasi air tanah yang di komersilkan.

” Dikatakan Soleh terkait kasus tersebut ditemukan fakta bahwa perusahaan sumur bor tersebut melakukan pengambilan air tanah tanpa dilengkapi dokumen Surat Izin Pengambilan Air (SIPA).

Untuk sumur bor sebanyak 5 ini ,belum mengantongi ijin,Pihak Pemda setempat melalui BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan  Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPPMPT). dan Satpol pp sudah menegur mereka untuk menghentikan produksi mereka,” ungkapnya.

Nunu Nugraha 28tahun selaku warga Desa Karangbandung Rt 02/04 yang ikut mengadukan ke Polres Brebes ketika di tanya awak Media menjelaskan bahwa terkait aduan kami ke Polres Brebes adalah betuk rasa kepedulian terhadap warga yang terkena dampak dari pengeboran tersebut termasuk saya sendir, dan harapan saya mewakili warga setempat yang ikut datang ke Polres,agar seceparnya dapat ditindaklanjuti untuk aduan kami “jelasnya.

Di tempat yang sama Ahmad Sugiarto selaku ketua Gema Berhias ketika di jumpai awak media membenarkan hal tersebut, Bahwa atas dasar pengaduan masyarakat Desa Karangbandung Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes yang mengadukan persoalan ada nya kegiatan Eksploitasi pengeboran air bawah tanah berskala banyak dan di perjual belikan yang sudah berjalan kurang lebih empat (4) Tahun, yang di duga ilegal atau tidak berijin,dalam hal ini masyarakat menuntut keadilan agar kegiatan itu di tutup secara permanen dan di proses secara hukum seadil-adil nya sesuai dengan undang-undang hukum yang berlaku “Tegasnya.

( Jr ).

 1,120 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!