Di Tengah Pandemi Covid 19, Salah Satu Anggota DPRD Muara Enim Mengajak Masyarakat Untuk Berkebun Kopi Yang Lebih Baik.

indopers.net, Muara Enim

Sejak berlakunya kebijakan Stay at Home selama pandemi Covid-19, berbagai cara bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan, Seperti yang dilakoni salah satu anggota DPRD Muara enim Alfran Maharja Spt dari Dapil 4, Ia memilih menggunakan waktu luangnya untuk berkebun kopi.

“Sudah sejak 26 maret lalu diberlakukannya kebijakkan lockdown itu, dan sejak itu pula, Saya banyak menghabiskan waktu di kebun, mulai pagi sampai sore,” ucapnya kepada awak media indopers.net perwakilan kabupaten muara enim.

Menurutnya, dengan berkebun bisa membuat perasaanya lebih bahagia. Tubuh pun dipaksa untuk terus bergerak sehingga tidak merasa lunglai dan lesu.

Didalam kesibukkannya sebagai anggota DPRD yang mungkin banyak melakukan pertemuan sebagai anggota DPRD dan memperjuangkan aspirasi rakyat, beliau sangat pandai menggunakan waktu luangnya untuk berkebun kopi, Kesibukan berkebun kopi tersebut juga dapat menjauhkannya dari pikiran-pikiran negatif yang kerap muncul saat stay at home. Seperti jalan-jalan ke tempat wisata atau pusat perbelanjaan yang justru berpotensi terjangkit Covid-19.

“Daripada tidak ada kegiatan, lebih baik memanfaatkan waktu untuk hal yang positif. Sekalian olahraga karena setiap hari berkeringat, Itu bisa membuat tubuh jauh lebih sehat,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan sedikit lahannya yang berlokasi di Muara enim. Ia bersama rekan rekannya memilih untuk bercocok tanam kopi dengan membagikan ilmunya dengan metode Pencangkokan (stek kopi modern), satu batang bisa menghasilkan 5 kg biji kopi, sehingga nantinya petani kopi di muara enim ini bisa lebih makmur, ungkapnya.

“Awalnya saya hanya mengajak segelintir rekan untuk membudidayakan sistem pencakokkan kopi ini. Tapi akhirnya kami mendapat tanggapan yang cukup luas dari petani petani kopi di Muara enim secara luas, dan dengan sangat senang hati saya membagikan ilmu berkebun kopi ini ke seluruh lapisan masyarakat muara enim. Supaya hasil berkebun kopinya bertambah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi,” tambahnya.

Anggota DPRD Muara enim itu pun mengajak petani kopi untuk berupaya tetap produktif meski tinggal di rumah, salah satunya dengan berkebun kopi. Olehnya, perlu adanya pergerakan dan produktivitas yang dilakukan untuk mengisi waktu kosong selama pandemi ini berlangsung. (Febri)

 486 total views,  1 views today

indopers.net

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!