Puluhan Kendaraan Berhias Bunga dan Komunitas Ikuti Surabaya Vaganza pada 28 Mei 2022

Puluhan Kendaraan Berhias Bunga dan Komunitas Ikuti Surabaya Vaganza pada 28 Mei 2022

indopers.net, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan kembali menggelar Surabaya Vaganza pada Sabtu (28/5/2022) sore hingga malam.

Sebanyak 16 kendaraan pawai bunga dan 10 komunitas yang beranggotakan hingga ratusan orang akan mengikuti Surabaya Vaganza.

Setelah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, event spektakuler ini digelar lagi dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

Khusus tahun ini, rute yang diambil mulai dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke Alun-alun Surabaya.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan, Surabaya Vaganza ini terdiri dari pawai bunga dan pawai budaya. Jika tahun sebelumnya pawai bunga dan pawai budaya digelar secara bersamaan dengan berurutan, namun khusus tahun ini akan digelar secara bertahap.

“Khusus pawai bunganya akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, kemudian untuk pawai budayanya akan dimulai dan diberangkatkan mulai pukul 18.00 WIB,” kata Wiwiek saat jumpa pers di Kantor Kominfo Surabaya, Rabu (25/5/2022).

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya dalam konfrensi pers Surabaya Vaganza, Rabu (25/5/2022).

Menurut Wiwiek, peserta pawai bunga tahun ini juga tidak sebanyak tahun sebelumnya, dengan hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan mengikuti parade. Sedangkan untuk peserta parade budaya, ada kurang lebih 10 komunitas yang beranggotakan hingga ratusan orang mengikuti parade tersebut.

“Beberapa komunitas yang akan ikut dalam parade budaya itu adalah komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya,” jelasnya.

Wiwiek yakin, bahwa warga Kota Surabaya dan daerah lain akan berbondong-bondong menyaksikan event yang sudah ditunggu-tunggu tersebut.

“Yang paling menarik, nanti dari 16 peserta pawai bunga kita akan ambil lima terbaik yang akan dipamerkan di sepanjang Jalan Tunjungan. Kendaraan akan stay di Jalan Tunjungan itu sampai pukul 24.00 WIB,” ujarnya.

Wiwiek menambahkan, rute yang diambil tahun ini lebih pendek dari tahun-tahun sebelumnya, karena memang Surabaya Vaganza tahun ini digunakan untuk menguatkan branding Tunjungan Romansa.

“Jadi, ini untuk menguatkan brandingnya Tunjungan Romansa, supaya lebih terkenal lagi ke depannya,” imbuhnya.

Sementara Irwan Andeksa Kepala Bidang Wasdal Dishub Surabaya memastikan, Jalan Tunjungan akan ditutup total mulai pukul 15.00 WIB. Sedangkan persiapan kendaraan hias akan dilakukan di Jalan Johar mulai 27 Mei 2022 pukul 18.00 WIB. Kemudian, sekitar pukul 12.00 atau pukul 13.00 WIB, kendaraan hias itu akan digeser ke Jalan Tunjungan.

“Kita juga melakukan pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan Surabaya Vaganza ini. Bahkan, lokasi-lokasi parkir juga sudah kita siapkan untuk mensukseskan acara ini,” kata Irwan.

Adapun lokasi parkir yang sudah disiapkan adalah gedung Siola, Jalan Genteng Besar, Jalan Praban, Embong Malang Sisi Kanan, Pasar Tunjungan, belakang Taman Apsari, Balai Pemuda, dan Jalan Ketabang Kali sisi Timur. Bahkan, Jalan Genteng Kali atau di depan masjid juga bisa untuk dijadikan parkir.

“Kita juga akan sebar personil di berbagai titik untuk mengatur arus lalu lintas dan juga parkir pengunjung,” katanya.

Tidak hanya itu, Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya yang hadir juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah menghias dan memberikan lampu tambahan di sepanjang Jalan Tunjungan dan tempat lainnya. Bahkan, ia juga memastikan bahwa pihaknya akan memasang toilet portable di beberapa titik acara.

“Kita juga akan tambah personel yang bertugas di Jalan Tunjungan. Sebab, nanti setelah acara Surabaya Vaganza, kita akan langsung bersihkan karena keesokan harinya Jalan Tunjungan akan dipakai untuk car free day,” pungkasnya.

(fwaid)

 176 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!