KPK OTT Bupati Bogor Ade Yasin.

KPK OTT Bupati Bogor Ade Yasin.

indopers.net, Bogor (Jabar) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penindakan hukum terhadap oknum penyelenggara negara yang terindikasi terlibat tindak pidana korupsi.

Hari ini, Rabu (27/4/2022), Tim Komisi Antirasuah menangkap sejumlah orang di wilayah Jawa Barat. Salah seorang pejabat daerah yang terjaring adalah Ade Yasin Bupati Bogor.

Ali Fikri Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Penindakan mengatakan, selain Bupati Bogor, Tim KPK juga menangkap beberapa orang Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat.

Operasi tangkap tangan berlangsung dari hari Selasa (26/4/2022) malam, sampai Rabu pagi, sesudah KPK menerima informasi akan adanya praktik pemberian dan penerimaan suap.

“Benar, tadi malam sampai pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya Bupati Kabupaten Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Sekarang, orang-orang yang tertangkap termasuk Ade Yasin Bupati Bogor menjalani pemeriksaan di Kantor KPK, Jakarta Selatan, dengan status saksi.

Ali menegaskan, hasil penindakan hukum akan disampaikan Pimpinan KPK kepada publik sesudah proses pemeriksaan dan gelar perkara selesai.

Berdasarkan KUHAP, aparat penegak hukum termasuk KPK punya waktu maksimal 24 jam untuk memeriksa orang yang ditangkap sebagai saksi.

Kalau cukup bukti adanya tindak pidana korupsi, KPK bisa meningkatkan status pemeriksaan ke penyidikan, dan menetapkan pihak yang terlibat sebagai tersangka.

(sopian A)

 707 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!