Tidak Hanya Atasi Pandemi, Pemerintah Juga Fokus Pembangunan Infrastruktur.

Tidak Hanya Atasi Pandemi, Pemerintah Juga Fokus Pembangunan Infrastruktur.

indopers.net, Jakarta – Suahasil Nazara Wakil Menteri Keuangan mengatakan, meskipun saat ini fokus Pemerintah adalah menangani pandemi dan memulihkan ekonomi, namun Pemerintah juga tetap memperhatikan fokus pembangunan jangka panjang. Satu di antaranya adalah pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan infrastruktur adalah kunci mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Multiplier effect-nya kita yakini. Karena itu kalau kita lihat bahwa infrastruktur yang kita bangun adalah infrastruktur yang mendorong mobilitas, produktivitas, konektivitas, akses, dan juga infrastruktur yang bisa membangun sustainabilitas antar generasi,” ujar Suahasil dalam Webinar Infrastruktur Untuk Indonesia, Rabu (2/3/2022).

Dia mengatakan bahwa Pemerintah memberikan dukungan yang besar kepada pembangunan infrastruktur. Dukungan itu di antaranya pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) pada beberapa BUMN Karya, belanja pembangunan infrastruktur pada beberapa Kementerian/Lembaga, pemberian program penjaminan, serta pelaksanaan pembangunan infrastruktur dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Skema KPBU adalah sesuatu yang penting untuk memastikan bahwa kita memiliki sumber-sumber pembiayaan yang makin lama makin kreatif, yang bukan saja mengandalkan dana pemerintah tapi juga mengandalkan kerjasama dengan pihak non-pemerintah, dimana pemerintah sebagai pihak yang memberikan penjaminan,” jelas Suahasil.

Menurut Suahasil, sumber pembiayaan dari APBN terbatas, sementara APBN harus tetap dijaga tingkat kesehatannya agar APBN bisa terus memberikan dukungan kepada pendanaan yang sifatnya berkelanjutan. Untuk itu, skema pembiayaan kreatif untuk pembangunan infrastruktur harus terus dikembangkan.

“Karena itu saya ingin mengajak seluruh pemerhati dan pengambil kebijakan di sektor infrastruktur ini untuk bisa melihat keseluruhan secara komprehensif, yaitu melihat keseluruhan kebutuhan infrastruktur dan juga melihat keseluruhan kemampuan kita untuk melakukan pembiayaan. Sumber pemerintah adalah salah satu sumber yang sangat penting untuk infrastruktur, namun makin lama kita harus makin bisa membuat pembiayaan yang makin kreatif,” pungkas Wamenkeu.

(udn)

 478 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!