Ketua DPR RI Puan Teruskan Tradisi Silaturahmi ke Pendahulunya Kiai Sepuh PWNU Jatim.

Ketua DPR RI Puan Teruskan Tradisi Silaturahmi ke Pendahulunya Kiai Sepuh PWNU Jatim.

indopers.net, Surabaya – Puan Maharani Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan, bersilaturahim dengan para kiai, masyayih dan pengurus PWNU Jawa Timur.

Dalam pertemuan itu, Puan menyatakan ingin terus menjahit silaturahim yang pernah dilakukan pendahulunya yaitu proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan tokoh-tokoh NU.

“Membangun bangsa Indonesia ini tidak bisa jika tidak dilakukan dengan bergotong royong. Untuk itu, saya datang ke PWNU Jatim ini ingin bersilaturahim dengan para kiai, alim ulama dan para masyayih yang ada di Jatim,” ujar Puan, di teras Kantor PWNU Jatim, Selasa (1/3/2022).

Hadir sejumlah kiai sepuh NU di antaranya KH Agoes Ali Masyuri atau Gus Ali Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim, dan KH Marzuqi Mustamar Ketua PWNU Jatim.

Puan mengatakan, sejak dulu Bung Karno telah menjalin hubungan kedekatan dengan KH Hasyim Asy’ari Rois Akbar PBNU. Kemudian jalinan kedekatan itu dilanjutkan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah menjabat Ketua Umum PBNU dan Presiden RI keempat.

“Saya sebagai cucu Bung Karno ingin terus melanjutkan kedekatan hubungan itu. Apalagi Jawa Timur terasa sangat spesial, karena Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur, serta dimakamkan di Jawa Timur pula. Sehingga ada semacam kedekatan psikologi bagi saya,” ungkap Puan dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Puan, jalinan silaturahmi ini sangat penting dilakukan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. Sebab tidak akan mungkin bisa membangun Indonesia jika tidak ada sinergi dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dengan NU.

“Tadi saya dapat wejangan dari Gus Ali. Beliau berpesan kepada saya bahwa inti dari silaturahim adalah gotong royong. Itu sejalan dengan inti Pancasila yaitu gotong royong. Untuk itu, saya ingin terus menjalin membangun kedekatan NU dengan PDI Perjuangan, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia,” ungkapnya.

Putri dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, dirinya memang akan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Jatim. Puan pun sowan ke para kiai di Jatim.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar dalam kesempatan itu menyatakan, Indonesia bisa merdeka berkat kerjasama dengan para ulama dan kaum nasionalis. “Maka oleh karena itu, kami ingin menjaga bangsa Indonesia bersama-sama ulama dan kaum nasionalis,” katanya.

(fwid)

 439 total views,  1 views today

indopers.net

Menyampaikan Kebenaran Yang Jujur Untuk Keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!