Proyek Tanpa Papan Nama di Tamanan Bondowoso Abaikan Undang-Undang No 14 TA. 2008

Proyek Tanpa Papan Nama di Tamanan Bondowoso Abaikan Undang-Undang No 14 TA. 2008

indopers.net Bondowoso

Proyek pengadaan sumur bor air yang di kerjakan di Dusun Kalianyar Barat Rt, 15 Rw, 03 Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso, menjadi perhatian masyarakat, Kamis (01/07/21).

Penyebab ialah, pelaksana kerja (pemborong), atau swakelola tidak memberi papan nama pada proyek yang menggunakan uang Negara. Ini bisa di kategorikan melanggar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan tidak transparan dalam penggunaan uang Negara.

Proyek yang di kerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitor berapa besar anggaran dan dari mana sumber anggaran, tegas salah satu warga pada awak media.

Semestinya pihak pemborong atau kontraktor memberikan surat pemberitahuan kepada pihak pemerintah Desa atau di lakukan swakelola seharus pemerintah Desa mengambil sikap untuk memasang papan nama pekerjaan dan dana anggaran proyek tersebut, dan dia mengatakan bahwasanya, proyek pembangunan yang sudah berapa hari di kerjakan, seharusnya wajib menggunakan papan informasi atau plang terhadap proyek tersebut. Supaya mudah di awasi oleh masyarakat setempat, dan mengetahui proyek bersumber dari anggaran mana, “ungkap warga setempat yang tidak mau di sebutkan namanya.

Selanjutnya di jelaskan oleh warga ini, kontraktor harus memahami Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang (KIP), semua masyarakat berhak mengawasi dana bersumber dari uang rakyat.

“Papan informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparansi ini di mulai sejak pekerjaan atau proyek di lakukan termasuk proyek yang di lakukan di badan publik.

“Pada pasal 25 Perpres di atur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, papan pengumuman resmi, dan sebagainya ini semakin memperkuat apa yang juga di atur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Di singgung mengenai masih adanya proyek yang di kerjakan tanpa papan nama proyek di Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Bondowoso baik itu di kerjakan oleh kontraktor maupun pihak Desa, ataupun swakelola, yang di lakukan pihak itu pihak rekanan itu telah melanggar ke dua peraturan di maksud. “Ya, melanggar UU dan Perpres.

(rudi)

 421 total views,  4 views today

indopers.net

indopers.net

Satu Komando, Satu Tujuan, Satu Hati Dan Satu Identitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!